Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Kekeringan Kemarau Panjang, Petani Melon Golden di Jombang Masih Bisa Tersenyum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 29 September 2023, 04:46 WIB
Di Tengah Kekeringan Kemarau Panjang, Petani Melon Golden di Jombang Masih Bisa Tersenyum
Petani melon golden di Jombang tersenyum dengan hasil panen yang bagus/RMOLJatim
rmol news logo Berkah melimpah dari hasil panen buah melon golden di musim kemarau tahun ini. Para petani terlihat sumringah dan bahagia melihat hasil panen buah yang dikenal istimewa tersebut.

Bagaimana tidak, bermodal sekitar Rp45 juta untuk menanam di lahan seluas 150 bata atau 2.100 meter persegi, petani buah di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang, Jawa Timur, berhasil mendapatkan hasil panen senilai Rp95 juta dalam tempo waktu sekitar 2 bulan.

"Alhamdulillah, tanam buah melon sukses. Dari nilai produksi sekira Rp45 juta dengan luas lahan 150 bata, hasil panen bagus. Harganya sebesar Rp11.500 per kilogram," kata Hakim, salah satu petani buah melon golden di Bandarkedungmulyo, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (28/9).

Hakim menuturkan, hasil panen tahun ini terbilang bagus dan harganya juga sangat bagus. Panen buah tahun ini sangat dinanti oleh para petani buah melon golden tersebut. Dari lahan 150 bata ini menghasilkan 9 ton buah melon golden.

"Kita mulanya ragu menanam buah melon golden. Tapi dengan keyakinan, alhamdulillah hasilnya bagus. Tentunya dengan perawatan maksimal," tutur Abah Hakim, sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, masa tanam dan perawatan buah melon golden ini membutuhkan waktu sekira 70 hari untuk membuahkan hasil yang optimal. Perawatan yang dilakukan juga harus diperhatikan seperti kondisi air dan pupuk agar tanaman tetap segar. Meski dalam cuaca yang begitu panas.

"Kalau di lahan ini umurnya 68 hari, setiap hari kami selalu memantau pertumbuhannya dan diberi pupuk. Kondisi air juga diperhatikan," bebernya.

Lebih lanjut, Abah Hakim berharap adanya upaya pemerintah dalam melindungi petani. Seperti ketersediaan pupuk, dan harganya terjangkau.

"Semoga ada perhatian khusus bagi petani buah, bibit dan pupuk tersedia, juga terjangkau," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA