Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satpol PP Mulai Sterilisasi Jalur KTT ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 25 Agustus 2023, 16:24 WIB
Satpol PP Mulai Sterilisasi Jalur KTT ASEAN
Satpol PP patroli jalur untuk mengantisipasi gangguan ketertiban umum jelang KTT ASEAN di Jalan KH Mas Mansur/Ist
rmol news logo Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta turut mematangkan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5 hingga 7 September 2023.

Kasatpol PP Jakarta Pusat, Tumbur Parluhutan Purba memimpin langsung patroli penyisiran jalur untuk mengantisipasi gangguan ketertiban umum jelang KTT ASEAN di Jalan KH Mas Mansur, Jakarta Pusat, Jumat (25/8).

"Penyisiran ini untuk menjaga jalur lintasan steril, dan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) jalur pejalan kaki bisa terjaga fungsinya," ujar Tumbur kepada wartawan.

Hasilnya, Satpol PP menjaring dan menerbitkan puluhan pedagang yang berjualan di atas fasos dan fasum. Dasar hukum penerbitan ini merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) 8/2007 ayat 3 huruf i terkait Menggunakan bahu jalan (trotoar) tidak sesuai dengan fungsinya.

"Kami amankan sementara hasil penertiban. Nanti boleh diambil sesuai dengan mekanisme yang ada," sambung Tumbur.

Diperkirakan akan ada 27 pemimpin negara dan organisasi internasional yang hadir dalam KTT ke-43 ASEAN, termasuk pemimpin negara peserta EAS, pemimpin Pacific Island Forum (PIF), pemimpin Indian Ocean Rim Association (IORA), serta Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

Mengangkat tema keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, rangkaian KTT ini diharapkan menguatkan pencapaian dan pondasi visi ASEAN 2045 serta menguatkan kelembagaan ASEAN baik dari segi pembuatan keputusan yang lebih efektif dan efisien hingga hal-hal substansi keorganisasian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA