Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengibaran Bendera di Tebing Sepikul Trenggalek Libatkan Pemanjat Cilik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Jumat, 18 Agustus 2023, 05:05 WIB
Pengibaran Bendera di Tebing Sepikul Trenggalek Libatkan Pemanjat Cilik
Pengibaran bendera di Tebing Sepikul, Trenggalek, Kamis (17/8)/Ist
rmol news logo . Peringatan HUT Ke-78 RI, bendera merah putih berukuran 20x30 meter dibentangkan di Tebing Sepikul, Desa Watu Agung Kecamatan Watu Limo, Trenggalek, Jawa Timur, Kamis (17/8). Pengibaran bendera di tebing ini juga melibatkan pemanjat cilik.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Timur, Aris Setiawan. Dia mengungkapkan acara ini rutin dilakukan setiap tahun dan selalu didukung oleh Forkopimda Trenggalek.

"Pengibaran bendera ini merupakan agenda tahunan, dan sudah dilakukan sejak tahun 1990. Nah, kali ini ada pemanjat cilik," ucap Aris.

Bendera berukuran raksasa tersebut terbentang di dinding tebing dengan ketinggian 360 meter. Bendera merah putih raksasa ini diboyong secara estafet dari bawah hingga tempat pengibaran oleh 12 pemanjat tebing profesional dari FPTI Jawa Timur.

"Kali ini kita melibatkan puluhan pemanjat cilik dari klub panjat tebing Phyxius Surabaya," jelasnya dikutip dari Kantor Berita RMOL Jatim, Kamis (17/8).

Sekedar diketahui, bahwa tebing yang memiliki ketinggian total 450 meter ini menjadi salah satu tebing terbaik di Jawa Timur dan Indonesia dengan batuan andesit solid dan menjulang utuh.

Salah satu pemanjat cilik, Kayla Noura Mahameru yang masih berusia 10 tahun mengaku butuh persiapan khusus untuk mengikuti proses bentangan bendera ini.

"Ini tinggi, dan harus berjalan menyusuri bukit dulu sebelum ke tempat tebing," kata Kayla.

Hal yang sama dikatakan oleh Eisya Editya yang masih berusia 12 tahun dan masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Dia harus mengikuti latihan rutin untuk mempersiapkan diri pada acara ini.

"Persiapannya cukup berat dan melelahkan, saya harus berlatih rutin di dinding selama beberapa bulan," ungkapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA