Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Pemilu, Dewan Pers Gelar Lokakarya Peliputan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 11 Juli 2023, 23:40 WIB
Sambut Pemilu, Dewan Pers Gelar Lokakarya Peliputan
Dewan Pers/Net
rmol news logo Dewan Pers bakal menggelar lokakarya peliputan Pemilu 2024 di 23 provinsi, untuk menjamin independensi dan integritas wartawan.

Rencana itu disampaikan anggota Dewan Pers, Tri Agung Kristanto, Senin (11/7). Tapi tidak dilaksanakan di semua provinsi, karena keterbatasan dana.

Daerah dengan tingkat kerawanan dan jumlah pemilih besar menjadi prioritas dilaksanakannya lokakarya, salah satunya Provinsi Lampung.

“Tingkat kerawanan Pemilu di Lampung lumayan tinggi. Selain itu, jumlah pemilihnya urutan ke enam terbanyak setelah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Banten," kata Agung, dalam keterangannya.

Dijelaskan juga, kegiatan digelar dengan menggandeng penyelenggara Pemilu serta pihak-pihak terkait lainnya.

“Kegiatan ini didukung semua penyelenggara Pemilu, seperti KPU, Bawaslu, Kominfo, Polri/TNI, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Komisi Independen Pemilihan (KIP), dan konstituen Dewan Pers,” terangnya.

Disampaikan juga, lokakarya diadakan selama sehari di setiap provinsi yang menjadi target, dan secara umum direncanakan berlangsung sejak awal Juli.

“Acara perdana di Jakarta, pekan lalu di Jawa Timur. Sedangkan di Lampung diadakan awal September nanti,” tuturnya.

Agung juga menekankan, Dewan Pers telah menetapkan bahwa wartawan yang menjadi Caleg atau tim sukses sebaiknya non aktif atau mundur dari tugasnya sebagai wartawan.

“Melalui lokakarya peliputan Pemilu, wartawan diharapkan kian paham terkait penyelenggaraan Pemilu, termasuk bersikap independen dalam bertugas,” pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA