Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebakaran Depo Plumpang Jangan Diseret ke Politis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 12 Maret 2023, 09:11 WIB
Kebakaran Depo Plumpang Jangan Diseret ke Politis
Diskusi Indonesia Resilience (Ires) dengan tema 'Kebakaran Depo Plumpang: Ancaman Bencana Industri di Kota'/Ist
rmol news logo Kebakaran Depo di Plumpang, Jakarta Utara, tidak boleh terjadi lagi. PT Pertamina sebagai perusahaan pelat merah dituntut berbenah secara menyeluruh.

Demikian ditegaskan Hafidz Affandi dari Sustainability Learning Center (SLC), dalam diskusi Indonesia Resilience (Ires) dengan tema 'Kebakaran Depo Plumpang: Ancaman Bencana Industri di Kota'.

“Pada setiap bencana, yang perlu diselamatkan korban dan manusia lebih dulu. Jangan diseret ke politis, Pertamina harus segera menyelamatkan manusia," katanya, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu (12/3).

Menurut dia, Pertamina harus menata dua hal. Pertama, manajemen risiko di lingkungan sekitar, dan dari sisi perusahaan perlu dipikirkan ulang tentang sistem. Sehingga tidak melulu menyalahkan human error.

"Selain itu soal corporate, dalam hal ini holding harus turun tangan. Dan kedua, masalah agraria, dalam hal ini harus ada putusan politik,” ungkapnya.

Seperti diketahui, kebakaran Depo Pertamina Plumpang terjadi pada Jumat (3/3), menewaskan 19 nyawa dan puluhan lainnya luka-luka.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA