Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Santri Di Cirebon Jalani Swab Test Sebelum Kembali Ke Pesantren

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 18 Juni 2020, 04:16 WIB
Santri Di Cirebon Jalani Swab Test Sebelum Kembali Ke Pesantren
Santri di Cirebon jalani swab test/Net
rmol news logo Ratusan santri asal Kabupaten Cirebon menjalani tes swab Covid-19 sebelum kembali ke pondok pesantren masing-masing yang ada di berbagai daerah.

Tes swab untuk para santri tersebut merupakan realisasi dari hasil koordinasi Pemerintahan Kabupaten Cirebon bersama Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) PCNU Kabupaten Cirebon, yang merupakan asosiasi pesantren yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Untuk hari ini ada sekitar 124 orang santri dari beberapa pondok pesantren yang mengikuti tes swab,” ungkap Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana, sebagaimana diberitakan Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (17/6).

Sementara itu, Ketua RMI PCNU Kabupaten Cirebon, Badruddin Hambali mengatakan, Pemkab Cirebon telah menyediakan fasilitas pemeriksaan swab sebanyak 11.000 untuk santri yang akan menempuh pendidikan di pesantren yang ada di wilayahnya.

Selain itu, lanjutnya, pemeriksaan juga dilakukan kepada 500 orang santri asal Kabupaten Cirebon yang akan menempuh pendidikan di pesantren yang ada di berbagai daerah.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon, dalam hal ini Bupati Cirebon atas perhatiannya kepada pesantren,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon, Agus Muhaimin mengatakan, pihaknya mengapresiasi Pemkab Cirebon yang telah melakukan pemeriksaan swab kepada para santri sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19, khususnya di lingkungan pesantren.

“Kabupaten Cirebon mungkin satu-satunya yang menyelenggarakan pemeriksaan, baik berupa tes swab maupun rapid test untuk para santri yang difasilitasi oleh pemerintah daerah”, ujarnya.

Untuk itu, dia berharap kepada para santri yang belum melakukan tes swab, agar dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh Pemkab Cirebon. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA