Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bamsoet Tanggapi Viral Anak Cuci Darah di RSCM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Sabtu, 27 Juli 2024, 02:09 WIB
Bamsoet Tanggapi Viral Anak Cuci Darah di RSCM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo/Ist
rmol news logo Belakangan ini masyarakat Indonesia tengah dikejutkan dengan sebuah konten yang menyebutkan bahwa banyak anak kecil cuci darah di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangunkusumo. 

Disebutkan penyebab banyak anak-anak cuci darah karena mereka mengidap gagal ginjal sejak dini.

Menanggapi hal itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet meminta pihak dokter dapat mengungkap penyebab terjadinya fenomena cuci darah pada anak-anak Indonesia tersebut.

Dengan demikian, kata Bamsoet, orang tua dapat memahami penyebabnya dan berusaha untuk menghindari faktor-faktor penyebab anak harus melakukan cuci darah atau hemodialisa.

"Penjelasan dokter sekaligus menjawab kekhawatiran masyarakat, utamanya orang tua terkait isu atau fenomena cuci darah anak tersebut, yang disebabkan oleh pemberian obat sirup mengandung etilen glikol beberapa waktu lalu," kata Bamsoet melalui siaran persnya yang dikutip Sabtu (27/7).

Politikus Golkar ini juga mendorong Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bersama dokter spesialis anak untuk lebih memasifkan edukasi tentang bahaya konsumsi minuman berpemanis dalam kemasan utamanya bagi kelompok usia anak. 

"Karena minuman barpemanis memiliki efek adiksi," kata Bamsoet.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA