Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Tarian Sehat dengan 5.000 Peserta, Danone Indonesia dan Pemkot Pasuruan Raih Rekor Muri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 07 Maret 2024, 23:43 WIB
Gelar Tarian Sehat dengan 5.000 Peserta, Danone Indonesia dan Pemkot Pasuruan Raih Rekor Muri
Danone Indonesia menggelar "Gebyar Sehat Bersama Isi Piringku', Kamis 7 Maret 2024 bekerja sama dengan Pemkot Pasuruan/Ist
rmol news logo Danone Indonesia melalui AQUA dan PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) menggandeng Pemerintah Kota Pasuruan menggelar "Gebyar Sehat Bersama Isi Piringku" yang diikuti lebih dari 5.000 peserta di Stadion Untung Suropati, Pasuruan, Jawa Timur.

Ada 7 kota lainnya yang juga ikut serta dalam acaafr yang berlangsung Kamis (7/3) ini melalui daring, di antaranya Tanggamus, Bogor, Magelang, Yogyakarta, DKI Jakarta , Kupang, Kabupaten Badung, Bali.

Kegiatan ini bertujuan untuk menginspirasi, memperkuat jaringan dan kerja sama antara semua pemangku kepentingan dalam Implementasi Program Sehat Bersama Isi Piringku. Pemangku kepentingan yang terlibat tidak hanya pemerintah, tetapi juga anak-anak PAUD, SD, komunitas kader, mitra LSM, juga pihak swasta.
 
Sebelum memulai kegiatan, semua peserta mendapatkan kesempatan untuk skrining anemia menggunakan metode non-invasive. Setelah itu, semua peserta serentak melakukan Tarian Sehat Bersama Isi Piringku untuk memecahkan rekor MURI.

Dalam sambutannya, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengucapkan terima kasih kepada Danone Indonesia yang sudah memberi kesempatan untuk menciptakan rekor MURI yang dihadiri oleh anak-anak PAUD/TK sebanyak lebih dari 5.000 peserta.

Bunda PAUD Kota Pasuruan, Fatma Saifullah Yusuf, mengatakan dalam pembukaannya bahwa pengetahuan akan gizi seimbang amatlah penting bagi semua pihak.

Sementara itu, VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, menegaskan bahwa kemitraan ini sejalan dengan misi Danone yaitu One Planet One Health.

“Kami percaya bahwa kesehatan bumi dan kesehatan manusia saling terkait satu sama lain dan kami juga ingin membawa kebaikan ke sebanyak mungkin orang melalui pangan," katanya.

"Wujud komitmen kami selaras dan menjadi bagian dari upaya pemerintah guna menekan angka anemia dan stunting dengan edukasi masif melalui Program Sehat Bersama isi Piringku," tambahnya, seraya mengucapkan terima kasih karena bisa bekerja bersama dengan semua pemangku kepentingan dan berharap  bisa menginspirasi dan merangkul lebih banyak pihak untuk turut berkontribusi.

Plt. Direktur Sekolah Menengah Pertama Kemendikbudristek, I Nyoman Rudi Kurniawan, mengapresiasi kolaborasi antara Danone Indonesia bersama Pemerintah Kota Pasuruan yang telah mensosialisasikan salah satu pilar sekolah sehat melalui Program Sehat Bersama Isi Piringku.

"Program Merdeka Belajar dan Pilar 5S Sekolah menjadi salah satu strategi Kemendikbudristek dalam mendukung Generasi Emas 2025 melalui Gerakan Sekolah Sehat,” kata Nyoman.
 
Sebagai pengembangan edukasi gizi dan kesehatan bagi anak-anak, Danone Indonesia juga telah meluncurkan modul Sehat Bersama Piringku untuk siswa Sekolah Dasar (SD), bekerja sama dengan FEMA IPB dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).
 
Modul Sehat Bersama Isi Piringku diluncurkan pada 31 Juli 2023 di Bogor dan telah diimplementasikan di 150 Sekolah di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.
 
Sejak tahun 2022 sampai Juli 2023, Komunitas Isi Piringku sudah menjangkau 316 Posyandu wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan secara nasional Panduan Sehat Bersama Isi Piringku ini telah diseminasikan ke 7.430 PAUD di seluruh Indonesia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA