Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPK Panggil Mantan Petinggi PT Sigma Cipta Caraka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 13 Februari 2024, 11:56 WIB
KPK Panggil Mantan Petinggi PT Sigma Cipta Caraka
Gedung Merah Putih KPK/RMOL
rmol news logo Dugaan korupsi pengadaan dan penyediaan financing untuk project data center 2017-2022 di PT PT Sigma Cipta Caraka (SCC), anak usaha Telkom Group, tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil empat saksi.

Menurut Juru Bicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri, keempat saksi itu dipanggil untuk hadir dan diperiksa sebagai saksi. "Penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi," katanya kepada wartawan, Selasa siang (13/2).

Keempat saksi itu adalah Zainur Saiman selaku Head of Project Manager PT SCC periode 2016-2020, Sandy Suherry selaku Sales Head PT SCC periode Februari 2015-April 2017, Eka Zulkarnain selaku Direktur Teknik PT Berdikari Insurance 2017-2020, dan Muhammad Achsan selaku Direktur Utama PT Prima Arbain Mandiri 2010-2019.

Kamis (1/2) KPK resmi mengumumkan penyidikan perkara baru itu. KPK juga sudah menetapkan 6 tersangka.

Perkara itu terkait pengadaan kerja sama yang diduga fiktif, dengan modus kerja sama penyediaan financing untuk project data center. Perkara itu juga melibatkan pihak ketiga sebagai makelar. Akibatnya negara mengalami kerugian mencapai lebih dari Rp200 miliar.

Berdasar informasi yang diperoleh, keenam tersangka itu adalah Judi Achmadi selaku Direktur Utama (Dirut) PT SCC, Bakhtiar Rosyidi selaku Direktur Human Capital dan Finance PT SCC, Tejo Suryo Laksono selaku Direktur PT Granary Reka Cipta, Roberto Pangasian Lumban Gaol selaku pemilik PT Prakarsa Nusa Bakti, Afrian Jafar selaku makelar, dan Imran Mumtaz selaku makelar.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA