Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tersangka Gratifikasi dan TPPU Eko Darmanto Hari Ini Diperiksa KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 15 September 2023, 10:17 WIB
Tersangka Gratifikasi dan TPPU Eko Darmanto Hari Ini Diperiksa KPK
Mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan/RMOL
rmol news logo Didampingi pengacara, mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto mendatangi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat pagi (15/9).

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, Eko Darmanto yang mengenakan jaket dan masker warna biru dongker ini tiba di Gedung Merah Putih KPK pada pukul 09.40 WIB.

Eko tak datang sendiri ke KPK, namun didampingi seorang pengacara yang mengenakan kemeja batik.

Sekitar 7 menit kemudian, Eko bersama pengacaranya langsung menuju ruang pemeriksaan di lantai dua Gedung Merah Putih KPK.

Namun demikian, belum ada keterangan resmi terkait kehadiran Eko ke KPK. Selain itu, juga belum ada kabar apakah Eko akan langsung ditahan pada hari ini atau tidak.

Eko sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Namun KPK belum mengumumkan secara resmi status tersangka dan konstruksi perkara yang menjerat Eko.

Diketahui, KPK telah melakukan penggeledahan di kediaman Eko dan beberapa pihak lainnya di Tangerang Selatan, Depok Jawa Barat, dan Jakarta Utara beberapa pekan lalu.

Dari penggeledahan itu, KPK mengamankan beberapa kendaraan mewah, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Selain itu, juga diamankan berbagai tas mewah, dan dokumen-dokumen.

Dalam perkara ini, KPK juga telah mencegah Eko dan tiga orang lainnya agar tidak bepergian ke luar negeri selama enam bulan ke depan.

Ketiga orang lainnya yang dicegah, yakni Ari Muniriyanti Darmanto selaku Komisaris PT Ardhani Karya Mandiri yang juga istri tersangka Eko Darmanto, Rika Yunartika selaku Komisaris PT Emerald Perdana Sakti, dan Ayu Andhini selaku Direktur PT Emerald Perdana Sakti.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA