Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiba di Rusia, Menlu Sugiono Siap Suarakan Pesan Perdamaian di KTT BRICS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 23 Oktober 2024, 11:28 WIB
Tiba di Rusia, Menlu Sugiono Siap Suarakan Pesan Perdamaian di KTT BRICS
Menteri Luar Negeri RI, Sugiono tiba di Kazan, Rusia pada Selasa malam, 22 Oktober 2024/Repro
rmol news logo Sehari setelah resmi dilantik sebagai Menteri Luar Negeri RI, Sugiono dilaporkan telah memulai tugasnya dengan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Plus 2024 di Kazan, Rusia.

Dalam video yang dirilis Kedutaan Besar Rusia, tampak Menlu Sugiono turun dari pesawat dan tiba di Bandara Kazan pada Selasa malam, 22 Oktober 2024.

Sementara itu, laporan Kementerian Luar Negeri RI menyebut Menlu Sugiono ditugaskan hadir sebagai Utusan Khusus Presiden RI Prabowo Subianto pada pertemuan internasional yang digelar mulai 23-24 Oktober.

"Kehadiran Menlu Sugiono di forum ini menegaskan komitmen Indonesia untuk terus berperan aktif dalam forum-forum internasional dan memperkuat hubungan dengan seluruh negara termasuk negara-negara anggota BRICS," ungkap laporan tersebut.

Dikatakan bahwa pada KTT BRICS, Menlu akan menyuarakan pesan penting perdamaian serta pentingnya negara-negara berkembang dan Global South untuk bersatu guna menciptakan tatanan dunia yang lebih inklusif, adil, dan setara.

BRICS adalah suatu forum kerja sama yang dibentuk Brazil, Rusia, India, RRT dan Afrika Selatan untuk membahas isu-isu global terkini.

Pada awal tahun 2024, sejumlah negara lain yakni UAE, Iran, Mesir, Ethiopia telah bergabung menjadikan keanggotaannya kini 9 negara.

KTT BRICS dengan negara-negara berkembang mengusung tema "BRICS and Global South: Joint Building of a Better World".

Presidensi Rusia telah mengundang negara-negara anggota BRICS, negara-negara non-anggota BRICS, dan organisasi internasional seperti Commonwealth of Independent States (CIS), Shanghai Cooperation Organization (SCO), dan Eurasian Economic Comission (EEC).

Indonesia pada beberapa tahun terakhir telah diundang menghadiri forum BRICS. Pada tahun ini, Indonesia kembali diundang untuk menghadiri pertemuan BRICS Plus.

Selain menghadiri KTT BRICS Plus, Menlu Sugiono juga dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan sejumlah negara sahabat untuk membahas isu- isu bilateral, kawasan dan global.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA