Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Netanyahu Bersumpah Tidak akan Lepas Tepi Barat untuk Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 11 Agustus 2024, 16:17 WIB
Netanyahu Bersumpah Tidak akan Lepas Tepi Barat untuk Palestina
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu/Getty Image
rmol news logo Wilayah pendudukan Israel di Tepi Barat tidak akan pernah dikendalikan atau menjadi milik otoritas Palestina.

Begitu yang disampaikan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam wawancara dengan majalah TIME yang diterbitkan pekan ini.

Netanyahu menyebut Tepi Barat sebagai bagian dari tanah air Israel dan dirinya serta pasukan militer akan sekuat tenaga mempertahankannya.

"Netanyahu menyatakan bahwa wilayah Palestina yang diduduki di Yerusalem Timur dan Tepi Barat adalah bagian dari tanah air kami. Kami akan terus ada di sana," tegasnya, seperti dikutip dari Middle East Monitor pada Minggu (11/8).

Pernyataan Netanyahu tersebut membuat peluang untuk implementasi solusi dua negara semakin sulit diraih.

Terlebih dalam kesempatan itu, Netanyahu juga kembali menyuarakan penentangannya terhadap pembentukan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat.

Netanyahu hanya akan mengizinkan pemerintahan terbatas Palestina di wilayah pendudukan, sementara Israel akan tetap memiliki kendali keamanan.

Kondisi ini sama dengan apa yang terjadi pada Otoritas Palestina (PA) yang wewenangnya terbatas pada tugas administratif dan keamanan internal parsial.

Sementara itu, pendudukan Israel mengendalikan keamanan wilayah, wilayah udara, pelabuhan masuk, kebijakan perencanaan, dan sebagian ekonomi dan pemungutan pajaknya.

Mekanisme ini  memberi Tel Aviv keuntungan dan pengaruh yang luar biasa dalam dinamika tersebut.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA