Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepala Staf Angkatan Darat Israel Diperkirakan Mundur dalam Waktu Dekat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 28 April 2024, 16:12 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat Israel Diperkirakan Mundur dalam Waktu Dekat
Kepala Staf Angkatan Darat Israel, Herzi Halevi/Net
rmol news logo Setelah Kepala Intelijen Militer Israel, Mayjen Aharon Haliva mengundurkan diri awal pekan ini, diperkirakan sejumlah pejabat militer juga akan mengikuti, salah satunya ialah Kepala Staf Angkatan Darat Herzi Halevi.

Kantor berita Israel Channel 12 memprediksi Halevi akan mengundurkan diri dalam waktu dekat atas kegagalannya mencegah Hamas menyerang wilayah Selatan.

"Menjadi jelas bahwa semua perwira yang bertanggung jawab karena gagal memprediksi serangan kelompok Palestina Hamas pada tanggal 7 Oktober 2023 akan mengundurkan diri, dimulai dengan Kepala Staf," bunyi laporan tersebut, seperti dikutip pada Minggu (28/4).

Kekhawatiran meningkat mengenai dampak penggantian Halevi terhadap sistem keamanan dan politik.

Dikatakan bahwa banyak komandan yang pernah dipandang sebagai calon penerus, termasuk Mayjen Yaron Finkelman dan Mayjen Eliezer Toledano, namun mereka juga dinilai bertanggung jawab atas serangan Hamas.

Kalangan politik kini mengharapkan Mayjen Eyal Zamir, direktur jenderal Kementerian Pertahanan, untuk menggantikan Halevi, menurut sumber tersebut.

Pengunduran diri dimulai dengan Kepala Intelijen Haliva yang telah mengakui kelalaiannya sehingga tidak bisa mendeteksi serangan Hamas lebih awal.

Selain Halevi dan Haliva, pihak yang harusnya ikut mengundurkan diri adalah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Hingga kini dia belum mengakui bahwa dirinya gagal mencegah kematian ratusan warga Israel dan memilih melanjutkan peperangan  Gaza. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA