Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biden: Dukungan AS Bergantung Pada Upaya Netanyahu Lindungi Warga Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 05 April 2024, 08:41 WIB
Biden: Dukungan AS Bergantung Pada Upaya Netanyahu Lindungi Warga Gaza
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden/Net
rmol news logo Presiden Amerika Serikat, Joe Biden kembali memperingatkan Israel soal nasib bantuan mereka, menyusul serangan udara yang menewaskan tujuh staf kemanusiaan World Central Kitchen (WCK) di Jalur Gaza.

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis (4/4), Biden mendesak agar Israel menerapkan serangkaian langkah konkret untuk mengatasi kerugian sipil, menjamin keselamatan para pekerja kemanusiaan dan melindungi mereka dari bahaya perang.

Jika tidak, Biden mengancam akan mempertimbangkan kembali dukungan Amerika Serikat terhadap Israel.

"Dia (Biden) menjelaskan bahwa kebijakan AS sehubungan dengan Gaza akan ditentukan oleh penilaian kami terhadap tindakan segera Israel terhadap langkah-langkah ini," ungkap juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby merujuk pada pernyataan Biden, seperti dimuat AFP.

Biden sempat mendukung perang enam bulan Israel di Gaza, namun semakin menyuarakan rasa frustrasi terhadap Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu atas melonjaknya jumlah korban tewas.

Merespons kematian tujuh pekerja bantuan yang salah satunya merupakan warga negara ganda Kanada-AS, Biden mengaku marah dan patah hati dengan tindakan yang dilakukan Israel.

Israel mengklaim kematian tersebut tidak disengaja, namun pendiri WCK dan koki selebriti José Andrés mengatakan serangan Israel secara sistematis memang diarahkan pada mobil pekerjanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA