Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Militer Tiongkok Punya Satu Misi: Buktikan Bisa Menyerang Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 26 Maret 2024, 16:50 WIB
Militer Tiongkok Punya Satu Misi: Buktikan Bisa Menyerang Taiwan
rmol news logo Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) Tiongkok sedang melakukan beberapa operasi pada minggu ini yang menandakan transisi berkelanjutan dari kekuatan pertahanan pantai menjadi kekuatan pertahanan perairan.

Sebuah laporan yang diterbitkan Kementerian Pertahanan Jepang menunjukkan tiga kapal PLAN Tiongkok transit dari Laut China Timur ke Laut Tiongkok pada akhir pekan melalui Selat Tsushima. Kapal perang tersebut kemungkinan sedang mempersiapkan latihan angkatan laut dengan Angkatan Laut Rusia.

Laut Jepang yang dikenal di kedua Korea sebagai Laut Timur adalah jalur perairan padat yang menjadi jalur laut komersial dan strategis lima negara. Tempat ini juga merupakan tempat uji coba rudal balistik Korea Utara, sementara Armada Pasifik Angkatan Laut Rusia bermarkas di kota tertutup Fokino di Teluk Peter the Great.

Kapal perang Tiongkok yang dilaporkan adalah fregat Daqing Tipe 054A, kapal pengisian ulang Tipe 903A Kekexilihu, dan kapal perusak berpeluru kendali Tipe 052D (nama pelaporan NATO Luyang III) Huainan. Menurut Newsweek, ketiga kapal tersebut ditugaskan ke Armada Laut Utara PLAN di bawah Komando Teater Utara.

Dalam artikel yang ditulis pakar militer Peter Suciu di The National Interest disebutkan, meskipun baik Beijing maupun Moskow belum mengumumkan rencana latihan apa pun, Armada Pasifik Angkatan Laut Rusia sudah aktif di wilayah tersebut dan melakukan latihan tempur melawan sekelompok drone laut yang disimulasikan, menurut laporan media pemerintah Rusia. Tiongkok dan Rusia terakhir kali mengadakan latihan angkatan laut gabungan di Laut Jepang pada Juli 2023.

Pengerahan kapal-kapal dari Armada Laut Utara PLAN dilakukan setelah latihan penembakan di Laut Cina Selatan, yang mencakup sekelompok kapal pendarat tank Tipe 072III dan Tipe 072A. Kapal-kapal ini mengikuti kursus pelatihan, termasuk penembakan dengan peluru tajam terhadap sasaran ranjau laut dan tambatan secara berdampingan.

Kapal-kapal tersebut terlibat dalam latihan tempur multi-arah yang realistis di area yang dirahasiakan. Pada saat yang sama, kapal pendarat Tipe 072 dirancang untuk beroperasi di perairan yang lebih dekat ke pantai, mendarat di pantai, dan kemudian membongkar kendaraan, pasukan, dan kargo. Global Times milik negara Tiongkok menyoroti bahwa karakteristik Tipe 072 menjadikannya sangat berguna dalam menjaga kedaulatan teritorial dan hak maritim Tiongkok atas pulau-pulau dan terumbu karang di Laut China Selatan.

Juga disebutkan bahwa Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) selanjutnya melakukan serangkaian latihan tempur gabungan dengan Penjaga Pantai Tiongkok (CCG) di berbagai wilayah maritim di tengah meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan. Pasukan gabungan tersebut termasuk unit dari PLAN dan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF).

Meskipun CCG adalah pasukan keamanan maritim yang berada di bawah yurisdiksi penegakan hukum dan bukan militer Tiongkok, CCG semakin banyak beroperasi bersama PLAN—dan dipandang oleh pengamat Barat sebagai kekuatan angkatan laut tambahan. Perannya telah berkembang secara signifikan, dan pemberlakuan undang-undang CCG yang baru oleh Beijing memberikan wewenang kepada Tiongkok untuk menegakkan klaim maritim Tiongkok melampaui batas-batas yang diakui oleh Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Hukum Laut (UNCLOS).

Selain itu, berbagai latihan ini juga dilihat sebagai pengingat bahwa Partai Komunis Tiongkok (PKT) telah mengklaim negara kepulauan Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai wilayah Tiongkok. Taiwan dianggap sebagai provinsi yang memisahkan diri dan akan dikembalikan ke kendali daratan dan akan dilakukan kekerasan jika diperlukan.

Pada bulan Januari, William Lai Ching-te terpilih sebagai presiden Taiwan. Lai sebelumnya menganjurkan kemerdekaan resmi Taiwan, namun kemudian melunakkan posisinya, dengan menyatakan bahwa “Taiwan sudah menjadi negara berdaulat dan merdeka yang disebut Republik Tiongkok.”

Dia berkampanye untuk memperkuat hubungan Taipei dengan Washington dan negara demokrasi liberal lainnya.

Bahkan dengan pandangannya yang keras, Lai dapat dilihat sebagai ancaman terhadap upaya Beijing untuk memaksakan unifikasi dengan Taiwan, dan latihan angkatan laut yang sedang berlangsung mungkin merupakan pertanda seberapa jauh kemauan Partai Komunis Tiongkok untuk bertindak. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA