Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Filipina Gelar Patroli Gabungan dengan AS di Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 21 November 2023, 16:37 WIB
Filipina Gelar Patroli Gabungan dengan AS di Laut China Selatan
Penjaga Pantai Filipina/Net
rmol news logo Filipina menggelar patroli maritim dan udara gabungan dengan Amerika Serikat (AS) di Laut China Selatan mulai Selasa (21/11).

Patroli ini digambarkan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr sebagai inisiatif signifikan untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara.

"Inisiatif penting ini merupakan bukti komitmen kami untuk meningkatkan interoperabilitas pasukan militer kami dalam melakukan patroli maritim dan udara," kata Marcos, seperti dikutip Reuters.

Patroli ini digelar sehari setelah Marcos mengatakan bahwa situasi di Laut China Selatan menjadi lebih mengerikan dibandingkan sebelumnya. Ia menyebut militer China semakin dekat dengan garis pantai Filipina.

Sementara itu, sejak Marcos menjabat, hubungan antara Filipina dan AS semakin kuat. Terlihat dari keputusan untuk melipatgandakan jumlah pangkalan Filipina yang dapat diakses oleh militer AS.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan melalui sembilan garis putus-putus yang membentang sejauh 1.500 kilometer di selatan daratannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA