Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Larang Atlet Pakai Hijab Selama Olimpiade 2024, Prancis Tuai Kecaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 06 Oktober 2023, 13:26 WIB
Larang Atlet Pakai Hijab Selama Olimpiade 2024, Prancis Tuai Kecaman
Olimpiade 2024/Net
rmol news logo Prancis kembali memicu kontroversi dengan aturan larangan hijab untuk atlet yang bertanding dalam gelaran Olimpiade 2024.

Prancis akan menjadi tuan rumah Olimpiade untuk pertama kalinya dalam satu abad. Namun Olimpiade pertama Paris ini justru mengundang banyak kritik.

Menteri Olahraga Prancis Amelie Oudea-Castera mengatakan atlet perempuan timnas Prancis tidak akan diizinkan mengenakan hijab selama Olimpiade yang berlangsung mulai 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.

Tidak butuh waktu lama, keputusan tersebut langsung memicu reaksi keras. Prancis dinilai telah melanggar hak asasi manusia.

Federasi Olahraga Solidaritas Islam, sebuah kelompok yang mencakup negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), pada 2 Oktober menyatakan keprihatinan mendalam mengenai keputusan pemerintah baru-baru ini yang melarang atlet Prancis mengenakan hijab di Olimpiade Paris mendatang.

"Larangan ini bertentangan dengan prinsip kesetaraan, inklusivitas, dan penghormatan terhadap keragaman budaya yang dijunjung tinggi oleh Olimpiade," kata federasi tersebut, seperti dimuat Anadolu Agency.

Sementara itu, pada 29 September lalu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan tidak ada batasan dalam mengenakan hijab atau pakaian yang mencerminkan agama maupun budaya.

Sebanyak 10 persen dari 67 juta penduduk Prancis sendiri beragama Islam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA