Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Makan Malam di Pusat Ruang Angkasa Rusia, Kim Jong Un Undang Vladimir Putin ke Korea Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 14 September 2023, 08:58 WIB
rmol news logo Percakapan hangat terjadi antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un
dengan Presiden Rusia Vladimir Putin selama makan malam di pusat ruang angkasa Vostochny pada Rabu (13/9) waktu setempat.

Kantor Berita resmi Korea Utara (KCNA) melaporkan Kamis (14/9), bahwa Kim sempat menyampaikan undangan kepada Putin untuk mengunjungi negaranya, dan pemimpin Rusia menerima tawaran tersebut.

"Di akhir resepsi, Kim Jong Un dengan sopan mengundang Putin untuk mengunjungi DPRK pada waktu yang tepat," lapor KCNA.

Putin langsung menerima undangan tersebut dengan senang hati dan menegaskan kembali keinginannya untuk selalu meneruskan sejarah dan tradisi persahabatan Rusia-DPRK.

DPRK adalah singkatan dari Republik Demokratik Rakyat Korea, nama resmi Korea Utara.

Pertemuan Kim dan Putin terjadi ketika Pyongyang baru-baru ini berupaya meningkatkan hubungan militer dengan Moskow dan menggandakan pengembangan senjatanya di tengah meningkatnya kerja sama keamanan antara Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jepang.

Dalam pertemuan tersebut, Kim mengatakan perjalanan terakhirnya ke Rusia menandai peristiwa “penting” untuk meningkatkan hubungan kerja sama bilateral ke tingkat yang lebih tinggi.

“Ini merupakan pendirian konsisten pemerintah Korea Utara untuk mementingkan hubungan Korea Utara-Rusia dan selalu mengembangkan tradisi persahabatan yang mengakar,” kata Kim seperti dikutip KCNA.

KCNA mengatakan kedua belah pihak membahas penguatan kerja sama di bidang bersama untuk menggagalkan ancaman dan provokasi militer imperialis, meskipun tidak merinci rincian diskusi tersebut.

“Mereka berdiskusi dengan pikiran terbuka mengenai isu-isu penting dan masalah kerja sama mendesak yang timbul dalam mempertahankan kedaulatan dan pembangunan serta kepentingan kedua negara,” lapor outlet tersebut.

Pembicaraan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son-hui, Menteri Pertahanan Kang Sun-nam, Pak Jong-chon, seorang pejabat tinggi militer, dan lainnya.

Selama jamuan makan malam tersebut, Putin mencatat bahwa hubungan bilateral selalu berorientasi pada hubungan persahabatan dan hubungan bertetangga yang baik seperti biasa.

Sebagai tanggapan, Kim menyatakan keinginannya untuk mengupayakan rencana jangka panjang bagi hubungan bilateral dengan Putin, dan untuk secara dinamis mempromosikan tujuan pembangunan yang kuat di kedua negara dan mewujudkan keadilan internasional yang sejati.

Kim pertama kali bertemu dengan Putin dalam kunjungannya ke Vladivostok pada April 2019.

Para pejabat Korea Selatan dan AS telah menyatakan keprihatinannya atas pertemuan tersebut. Mereka khawatir terkait kemungkinan kesepakatan senjata antara kedua negara yang dapat membantu upaya perang Moskow di Ukraina. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA