Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Borrell: Georgia Harus Penuhi 9 Prasyarat untuk Mendapatkan Status Kandidat Keanggotaan UE

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 09 September 2023, 09:12 WIB
Borrell: Georgia Harus Penuhi 9 Prasyarat untuk Mendapatkan Status Kandidat Keanggotaan UE
Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell /Net
rmol news logo Uni Eropa terbuka bagi Georgia untuk menjadi anggota.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell menyampaikan hal itu dengan mengingatkan bahwa Tbilisi perlu menerapkan reformasi besar-besaran untuk mendapatkan status kandidat.

Uni Eropa mengakui “perspektif Eropa” Georgia tahun lalu namun menunda permohonan keanggotaannya, dan memberikan pencalonan kepada Ukraina dan Moldova, dengan alasan Tbilisi perlu melakukan perubahan terlebih dahulu.

“Pintu Uni Eropa terbuka bagi Georgia, dan Uni Eropa berkomitmen untuk mendukung Georgia dalam perjalanannya menuju keanggotaan Uni Eropa,” kata Borrell pada konferensi pers di Tbilisi, Jumat (8/9), seperti dikutip dari Euro News.

Georgia masih harus memenuhi 9 dari 12 prasyarat untuk mendapatkan status kandidat keanggotaan. Sembilan prasyarat tersebut penting dan perlu bagi Georgia

"Komisi Eropa menyampaikan 12 prioritas, 3 di antaranya telah dipenuhi oleh Georgia dan 9 lainnya masih tersisa," kata Borrell.

Di antara yang tersisa itu, Tbilisi perlu melakukan reformasi di bidang supremasi hukum, hak asasi manusia, dan kebebasan media.

Perwakilan Tinggi tersebut menggarisbawahi bahwa Komisi Eropa akan menerbitkan laporan mengenai ekspansi pada musim gugur ini, yang mana laporan tersebut akan menilai kemajuan yang dicapai oleh berbagai negara dalam implementasi reformasi menuju aksesi ke UE.

Pada saat ini, Georgia telah melakukan reformasi pemilu, mendirikan biro antikorupsi, memilih ombudsman di bawah sistem baru, mengubah undang-undang yang menentang diskriminasi gender dan pemberantasan kejahatan terorganisir, dan menunjuk tiga dari lima anggota Dewan Kehakiman Agung.

Pada akhir tahun 2023, Georgia mengharapkan resolusi UE lainnya mengenai penetapan status keanggotaan kandidat.

Borrell menyatakan keyakinannya bahwa Georgia akan mampu menerapkan semua kriteria dan meraih kesuksesan.

“Georgia harus menggunakan waktu yang tersisa untuk mengatasi persyaratan utama reformasi,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA