Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebakaran Maui jadi Santapan Para Ahli Teori Konspirasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 16 Agustus 2023, 07:54 WIB
Kebakaran Maui jadi Santapan Para Ahli Teori Konspirasi
Ratusan mobil dan bangunan yang terbakar di Lahaina, Maui/Net
rmol news logo Kebakaran yang melanda Maui menjadi duka nestapa yang panjang. Seminggu berlalu, masih banyak yang belum mengetahui nasib anggota keluarganya, menyusul banyak teori tentang penyebab kebakaran dan kemungkinan korban akan terus bertambah.

Puluhan orang belum ditemukan dan korban tewas telah mencapai angka 99. Tim penyelamat masih terus melakukan upaya pencarian, sementara mereka yang terdampak harus bergantung hidup dari sumbangan dan bantuan.

Kepala Polisi Kabupaten Maui John Pelletier meminta orang-orang bersabar karena sejauh ini tim penyelamat telah melakukan upayanya semaksimal mungkin.

Masih belum jelas apa yang menyebabkan kebakaran, tetapi parahnya kerusakan di Maui Barat sebagian disebabkan oleh pertemuan angin  kencang dari Badai Dora di Pasifik dan kekeringan di wilayah tersebut. Kebakaran hutan telah menjadi risiko yang diketahui di daerah tersebut  selama bertahun-tahun.

Ini adalah kebakaran yang paling menghancurkan, menghantam komunitas bersejarah Lahania, daerah wisata yang indah, dengan sangat keras. Laporan NBC menyebutkan bahwa kerugian dari kebakaran ini membengkak menjadi 7 miliar dolar AS.

Salah satu teori yang paling aneh yang tersiar belakangan ini adalah bahwa kebakaran itu disebabkan oleh semacam "senjata energi" rahasia. Beberapa orang salah mengartikan gambar peluncuran roket SpaceX sebagai bukti bahwa beberapa jenis senjata menggunakan sinar untuk menyebabkan ledakan di pulau itu.

Teori tak berdasar itu mengandalkan gambar peluncuran SpaceX yang terjadi pada Mei 2018 di California.  

Associated Press (AP) melaporkan bahwa gambar-gambar ini dibagikan di platform seperti Facebook. Seorang pria di Instagram membagikan gambar yang mengklaim itu "menunjukkan sinar laser yang keluar dari langit yang langsung menargetkan kota.

"Dia kemudian secara keliru mengklaim bahwa kebakaran hutan Maui terkait dengan teori konspirasi yang telah berlangsung lama tentang program modifikasi cuaca pemerintah yang dipersenjatai," tulis AP. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA