Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Berharap Militer Niger Tetap Menjaga Keselamatan Presiden Mohamed Bazoum yang Digulingkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 04 Agustus 2023, 06:29 WIB
China Berharap Militer Niger Tetap Menjaga Keselamatan Presiden Mohamed Bazoum yang Digulingkan
Niger/Net
rmol news logo Situasi terkini Niger pasca kudeta militer ikut mendapat perhatian dari China yang mendesak pihak-pihak terkait di negara Afrika itu untuk menyelesaikan perbedaan secara damai melalui dialog.

Dalam pernyataannya pada Kamis (3/8), Kementerian Luar Negeri China mengatakan Beijing berharap Niger mampu memulihkan ketertiban sedini mungkin dengan tetap menjunjung tinggi stabilitas dan pembangunan negara dan menjaga keselamatan presiden terpilih, Mohamed Bazoum.

"Presiden Mohamed Bazoum adalah teman China. Kami berharap keselamatan pribadinya terjamin dan pihak-pihak terkait Niger akan memperhatikan kepentingan fundamental bangsa dan rakyat," kata Kementerian dalam pernyataan yang dipublikasikan di situsnya, seperti dimuat CGTN.

Kementerian juga mengatakan bahwa Kedutaan China di Niger telah mengeluarkan peringatan keamanan untuk warga negara dan institusi China di Niger agar mengambil tindakan pencegahan ekstra dan bersiap untuk tanggap darurat.

"Kami percaya Niger dan negara-negara lain di kawasan memiliki kebijaksanaan dan kemampuan untuk menemukan solusi politik untuk situasi saat ini," lanjutnya.

Niger berada dalam situasi yang rumit menyusul kudeta yang menggulingkan presiden terpilih. Dalang kudeta, Jenderal Abdourahmane Tchiani, pada 28 Juli telah menyatakan dirinya sebagai kepala pemerintahan transisi.

Ribuan pendukung kudeta berkumpul hari ini di ibu kota Niger, Niamey, menuntut junta militer memaksa Prancis dan pasukan asing lainnya meninggalkan negara itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA