Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Shavkat Mirziyoyev Kembali Terpilih jadi Presiden Uzbekistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 10 Juli 2023, 18:13 WIB
Shavkat Mirziyoyev Kembali Terpilih jadi Presiden Uzbekistan
Presiden Uzbekistan, Shavkat Mirziyoyev/Net
rmol news logo Hasil awal dari pemungutan suara yang digelar akhir pekan lalu, menunjukkan Shavkat Mirziyoyev kembali terpilih menjadi Presiden Uzbekistan.

Komisi Pemilihan Umum Uzbekistan pada Senin (10/7) mengumumkan hasil perolehan suara, dengan Mirziyoyev yang meraup 87,1 persen.

Mengutip Al Jazeera, pemilihan itu digelar lebih cepat setelah  Mirziyoyev mengubah konstitusi yang memperpanjang masa jabatannya dari lima menjadi tujuh tahun.

Sebelum pemungutan suara, jajak pendapat telah menunjukkan bahwa Mirziyoyev akan mendapatkan suara mayoritas.

Sebab lawan Mirziyoyev kali ini adalah tiga kandidat dari partai yang tidak terlalu terkenal, yakni Partai Ekologis, Partai Demokratik Rakyat, dan Partai Sosial Demokrat Adolat.

Mirziyoyev sebelumnya menjabat sebagai perdana menteri di bawah kepemimpinan pendahulunya, Islam Karimov.

Sejak berkuasa sebagai presiden pada tahun 2016 lalu, Mirziyoyev menyebut dirinya sebagai seorang pembaharu dan berjanji untuk menciptakan "Uzbekistan Baru".

Selama memimpin, Mirziyoyev telah melakukan reformasi yang telah lama ditunggu-tunggu di antaranya menyederhanakan pajak, menghilangkan hambatan birokrasi, mengakhiri kerja paksa dan membebaskan tahanan politik yang dipenjara selama masa jabatan Karimov.

Kendati demikian, dengan perpanjangan masa jabatan Presiden, Mirziyoyev dinilai telah melemahkan upaya demokrasi di negara tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA