Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Irak Lunasi Semua Tagihan Utang Gas ke Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 26 Juni 2023, 09:56 WIB
Irak Lunasi Semua Tagihan Utang Gas ke Iran
Pipa gas Iran yang mengalir ke Basra/Net
rmol news logo Tagihan utang gas dan listrik dari Iran dilaporkan telah dibayar seluruhnya oleh pemerintah Irak pada Minggu (25/6).

Hal itu diungkap oleh Direktur Pelaksana Perusahaan Gas Nasional Iran (NIGC), Majid Chegeni dalam sebuah pernyataan di sela-sela konferensi tentang penguatan produksi gas alam, transmisi, sistem distribusi dan jaringan.

"Irak telah menyelesaikan semua tagihan terkait impor gas alam dari Iran," kata Chegeni, seperti dikutip dari layanan berita kementerian perminyakan Iran SHANA.

Menteri Kelistrikan Irak Ziyad Ali Fadel mengonfirmasi kebenaran bahwa Baghdad telah membayar semua utang gasnya ke Teheran.

Seorang pejabat senior kementerian luar negeri Irak pada 11 Juni lalu mengatakan pihaknya bisa membayar utang ke Iran sekitar 2,76 miliar dolar AS (Rp 41,4 triliun) setelah menerima pengabaian sanksi dari Amerika Serikat.

Di samping itu, media lokal melaporkan bahwa Iran tengah mengadakan negosiasi penjualan gas dengan Turki dan Turkmenistan.

Disebutkan bahwa Turki setuju untuk memperpanjang kontrak impor gas Iran. Sementara dengan Turkmenistan masih dalam proses pembicaraan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA