Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudan Terus Membara, RSF Dituding Bunuh Gubernur Darfur Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 15 Juni 2023, 13:14 WIB
Sudan Terus Membara, RSF Dituding Bunuh Gubernur Darfur Barat
Seorang anggota Pasukan Dukungan Cepat (RSF) di Sudan/Net
rmol news logo Konflik antara tentara dan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) terus meluas ke semua kelompok di negara itu. Kali ini peperangan itu telah menewaskan Gubernur negara bagian Darfur Barat, Khamis Abbakar, yang terbunuh pada Rabu (14/6).

Menurut keterangan dari dua sumber pemerintah Sudan, pasukan RSF merupakan kelompok yang bertanggung jawab atas kematian gubernur dalam pertempuran yang pecah antara mereka dengan kelompok bersenjata yang berafiliasi dengan suku.

"Gubernur Darfur Barat Sudan, Khamis Abbakar dibunuh oleh RSF di El Geneina," kata dua sumber itu.

Berdasarkan laporan yang dimuat France24, Kamis (15/6), beberapa jam sebelum kematiannya, Abbakar menuduh RSF dan milisi sekutunya melakukan genosida. Abbakar mengatakan, warga sipil dibantai secara acak dan dalam jumlah besar.

Abbakar juga dikabarkan sempat menyerukan intervensi internasional untuk menghentikan kekejaman RSF.

Belum ada rincian lengkap yang tersedia mengenai penyebab kematiannya, namun, wilayahnya terus digunakan menjadi medan pertempuran antara pihak-pihak yang bertikai di Sudan.

Aktivis mengatakan sejauh ini ada 1.100 orang yang tercatat meninggal dunia sejak konflik itu meletus pada 15 April sampai saat ini di kota paling barat El Geneina.

Pihak RSF masih belum memberikan komentarnya terkait kematian gubernur yang diduga dilakukan oleh kelompoknya yang mengepung El Geneina pada pekan ini. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA