Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Mahmoud Abbas di Beijing, Xi Jinping Janji Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 15 Juni 2023, 08:06 WIB
Bertemu Mahmoud Abbas di Beijing, Xi Jinping Janji Terus Dukung Kemerdekaan Palestina
Presiden China Xi Jinping berjabat tangan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Aula Besar Rakyat di Beijing, China, 14 Juni 2023/Net
rmol news logo Pertemuan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Presiden China Xi Jinping pada Rabu (14/6) berlangsung akrab, hasilnya kedua negara sepakat untuk membangun kemitraan strategis.

Menjamu mitranya di Aula Besar Rakyat di Beijing, Xi mengatakan pertemuannya dengan Abbas akan menjadi tonggak sejarah bagi hubungan kedua negara.

"Ini akan menjadi tonggak penting dalam hubungan China-Palestina yang dibangun di atas pencapaian masa lalu dan menandakan masa depan yang lebih cerah," kata Xi kepada Abbas yang telah lima kali berkunjung ke China, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (15/6).

Memperhatikan bahwa presiden Palestina adalah kepala negara Arab pertama yang dijamu oleh China tahun ini, Xi mengatakan bahwa kunjungan tersebut berbicara banyak tentang kekuatan hubungan China-Palestina.

Tahun ini menandai peringatan 35 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara China dan Palestina. Xi ingat bahwa China adalah salah satu negara pertama yang mengakui Organisasi Pembebasan Palestina dan Negara Palestina.

Kedua negara saling memanggil teman baik dan mitra, dan kedua pemimpin pada Rabu berjanji untuk memajukan persahabatan dan kerja sama bilateral di semua bidang.

Hubungan China-Palestina telah mempertahankan momentum pertumbuhan yang positif dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2019, China dan Palestina meluncurkan putaran pertama negosiasi zona perdagangan bebas.

Desember 2022, kedua belah pihak menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang kerja sama Belt and Road Initiative (BRI).

Perdagangan bilateral kedua negara juga tercatat mencapai 158 juta dolar AS tahun lalu, dengan peningkatan tahun-ke-tahun sebesar 23,2 persen, menurut Kementerian Luar Negeri China.

Untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Palestina, China mengumumkan pada tahun 2016 bahwa mereka akan memberikan 50 juta yuan (sekitar 7,4 juta dolar AS) dalam bentuk hibah kepada pihak Palestina. Dengan demikian, China sejauh ini telah membantu pembangunan lebih dari 40 proyek di Palestina, termasuk gedung Kementerian Luar Negeri Palestina.

"China bersedia untuk terus memberikan bantuan kepada Palestina untuk membantu meringankan kesulitan kemanusiaan dan melakukan rekonstruksi," kata Xi.

Dalam pertemuan tersebut, Xi juga menegaskan kembali dukungan kuat China untuk memulihkan hak-hak nasional rakyat Palestina.

Presiden China membuat proposal tiga poin untuk menyelesaikan masalah Palestina, termasuk mendirikan negara Palestina merdeka yang menikmati kedaulatan penuh berdasarkan perbatasan tahun 1967 dan dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya, memenuhi kebutuhan ekonomi dan mata pencaharian Palestina, dan menjaga ke arah yang benar dari pembicaraan damai.

“Menghadapi perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia dan perkembangan baru di Timur Tengah, China siap untuk memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan Palestina, dan bekerja untuk solusi yang komprehensif, adil dan tahan lama dari masalah Palestina sejak dini,” kata Xi kepada Abbas.

Sementara itu, Abbas menghargai berbagai inisiatif China menuju penyelesaian awal dan adil dari persoalan Palestina.

"Palestina percaya pada kebijaksanaan China dan posisi yang tidak memihak dan menantikan peran China yang lebih besar dalam mempromosikan rekonsiliasi intra-Palestina dan mencapai perdamaian di Tengah. Timur," kata Abbas.

Xi menjawab dengan mengatakan bahwa masalah Palestina mempengaruhi perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.

Dalam banyak kesempatan internasional, presiden China telah berbicara untuk rakyat Palestina, menyerukan penyelesaian yang adil atas masalah tersebut.

Setelah bentrokan antara Palestina dan Israel pecah pada tahun 2021, China, yang memegang jabatan presiden bergilir Dewan Keamanan PBB, mendorong Dewan Keamanan untuk mengadakan lima pertemuan mengenai masalah Palestina dan akhirnya mengeluarkan pernyataan presiden.

Selain itu, China juga mengusulkan tiga rute untuk mengimplementasikan "solusi dua negara" dan mengadakan seminar bagi para aktivis perdamaian dari Palestina dan Israel.

Sejauh ini, lima utusan khusus China untuk Timur Tengah telah mengunjungi Palestina, Israel, Mesir, Yordania, dan negara-negara terkait lainnya di kawasan itu untuk menengahi konflik Palestina-Israel. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA