Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratusan Orang di Sudan Selatan Jalani Operasi Mata Gratis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 10 Juni 2023, 15:30 WIB
Ratusan Orang di Sudan Selatan Jalani Operasi Mata Gratis
Ilustrasi/Net
rmol news logo Lebih dari 900 orang telah menjalani operasi mata gratis di Kabupaten Uror di Negara Bagian Jonglei, Sudan Selatan.

Operasi mata gratis yang diselenggarakan oleh Yayasan Tuach Riek Gai dengan dukungan dari LSM Carter Center, Amerika Serikat (AS), diadakan sejak 29 Mei lalu hingga 8 Juni.

Direktur kesehatan kabupaten, Rebecca Nyanur Kai, menuturkan bahwa kamp kesehatan yang berfokus pada perawatan trakoma dan katarak itu telah banyak membantu masyarakat Uror.

“Sebanyak 992 pasien dari berbagai penjuru kabupaten dan kabupaten tetangga mendapat pengobatan katarak dan trakoma. Kami senang dengan program yang berakhir dengan sukses pada 8 Juni ini,” ujarnya.

Seperti dimuat Radio Tamajuz, Sabtu (10/6), inisiatif mulia itu telah dipuji oleh Komisaris Kabupaten Uror, Machot Gatluaak Kenyjak. Ia mengatakan bahwa masyarakat berharap kamp kesehatan ini dapat diperpanjang.

Menurutnya, operasi perawatan mata gratis itu telah membawa kegembiraan bagi ratusan masyarakat, karena penglihatan mereka dapat kembali seperti semula.

"Masyarakat kabupaten Uror berterima kasih kepada para dokter dan berharap mereka akan terus menyelenggarakan kamp semacam itu, karena ada banyak orang dengan masalah mata di sini," ujarnya.

Organisasi nonpemerintah, Carter Center yang berfokus membantu meningkatkan kehidupan masyarakat di negara miskin dan berkonflik itu disebut telah sangat berkontribusi dalam membantu masyarakat di Sudan Selatan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA