Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pembentukan Tatanan Keluarga yang Harmonis, Ciri Khas yang Melekat pada Bangsa Korea Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 18 Mei 2023, 20:57 WIB
Pembentukan Tatanan Keluarga yang Harmonis, Ciri Khas yang Melekat pada Bangsa Korea Utara
Potret Presiden Korea Utara Kim Jong Un bersama putrinya/Net
rmol news logo Keluarga merupakan sumber kekuatan dalam masyarakat dan landasan fundamental yang menjamin kemajuan serta kesejahteraan sosial.

Oleh karenanya, banyak negara yang berusaha memperkuat regulasi tentang keluarga guna mencegah praktik-praktik yang dapat memecah belah atau merusak keluarga.

Bahkan, PBB pada Sidang Umum ke-47 tahun 1993 telah mengadopsi resolusi yang menetapkan bahwa tanggal 15 Mei sebagai "Hari Keluarga Internasional".

Keputusan itu diambil guna meningkatkan status dan kondisi keluarga serta memperkuat kerjasama internasional dalam melindungi dan menghidupi keluarga.

Sejalan dengan hal tersebut, Korea Utara sebagai negara sosialis memiliki perhatian yang tinggi dalam memastikan kelangsungan hidup setiap unit keluarga di seluruh wilayah.  

Hal ini sangat selaras dengan budaya dan ciri khas bangsa Korea Utara yang senantiasa berusaha membangun tatanan keluarga harmonis serta kolektif.

"Mengutamakan keharmonisan dalam keluarga sudah dianggap sebagai kebiasaan baik yang menjadi ciri khas bangsa kita," bunyi laporan kantor berita resmi KCNA yang dikutip redaksi pada Kamis (18/5).

Pasal 3 UU Keluarga Korea Utara menyebutkan, keluarga sebagai kesatuan dasar kehidupan masyarakat dan negara sangat memperhatikan hal tersebut.

Pasal 15 juga menetapkan bahwa “Memperkuat keluarga merupakan jaminan penting bagi perkembangan masyarakat yang sehat. Setiap warga negara harus menjaga keharmonisan dan keceriaan keluarganya”.

Pemimpin terdahulu Korea Utara, Kim Il Sung memberikan contoh kepada masyarakat tentang persatuan dalam keluarga melalui prinsip filosofis yang kerap ia gaungkan yakni “Berhasil dengan Keluarga yang Harmonis”.

Dalam peringatan Hari Keluarga Internasional, anak Kim Il Sung, yakni Kim Jong Il mengunjungi keluarga mantan tentara di Taehongdan dan menamai calon bayi pasangan itu.

Tradisi itu tetap diteruskan hingga kepemimpinan anak Kim Jong Il. Di mana Presiden Kim Jong Un mengunjungi keluarga para pekerja yang baru pindah ke apartemen Changjon dan memberikan hadiah kepada mereka.  

Kim Jong Un juga mengirimkan ucapan selamat Tahun Baru, dengan tulus mendoakan kebahagiaan yang lebih besar bagi semua keluarga di seluruh negeri.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA