Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PBB: Lonjakan Pengungsi Sudan Bisa Capai 815 Ribu Orang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 02 Mei 2023, 18:19 WIB
PBB: Lonjakan Pengungsi Sudan Bisa Capai 815 Ribu Orang
Asisten Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Raouf Mazou/Net
rmol news logo Konflik militer Sudan yang berkepanjangan disinyalir akan menciptakan lonjakan pengungsi dengan jumlah yang amat luar biasa.

Menurut Asisten Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Raouf Mazou pada Selasa (2/5) mengatakan kemungkinan eksodus pengungsi dari Sudan ke negara tetangga akan bertambah hingga lebih dari 800 ribu orang.

"Badan memperkirakan eksodus pengungsi 815 ribu orang termasuk 580 ribu orang Sudan serta pengungsi asing yang sekarang tinggal di negara itu," kata Mazou, seperti dimuat The Jerusalem Post.

Mazao mengungkap jumlah populasi Sudan saat ini adalah 46 juta orang dan sejak pertempuran meletus pertengahan April lalu, telah ada 73 ribu orang yang melarikan diri ke negara lain seperti ke Chad, Sudan Selatan dan Ethiopia, atau berlayar melintasi Laut Merah ke Arab Saudi dengan perahu evakuasi.

Menurutnya, jumlah itu akan bertambah seiring dengan peningkatan eskalasi militer antara tentara Sudan dan paramiliter Rapid Suppor Force (RSF).

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Sudan, telah ada sekitar 528 korban jiwa dan 4.5999 terluka akibat bentrokan senjata.

Meskipun beberapa kali kesepakatan gencatan senjata tercapai, tetapi serangan udara dan artileri masih menggema di langit-langit Khartoum. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA