Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dokumen AS yang Bocor Ungkap Kesediaan Serbia Pasok Senjata ke Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 12 April 2023, 15:50 WIB
Dokumen AS yang Bocor Ungkap Kesediaan Serbia Pasok Senjata ke Ukraina
Presiden Serbia, Aleksandar Vucic dan Presiden Rusia, Vladimir Putin/Net
rmol news logo Dokumen rahasia AS yang bocor mengungkap bahwa Serbia, satu-satunya negara Eropa yang menolak menjatuhkan sanksi ke Rusia, ternyata telah bersedia mengirimkan senjata ke Ukraina.

Salah satu dari belasan dokumen yang tersebar di media sosial tersebut, berisi tentang tanggapan pemerintah Eropa terhadap pelatihan militer Ukraina.

Dokumen itu berjudul "Eropa Tanggapan terhadap Konflik Rusia-Ukraina yang Berkelanjutan", tertanggal 2 Maret dan dicap rahasia dengan stempel kantor Kepala Staf Gabungan.

Dari sejumlah bagan yang disajikan dalam dokumen, menunjukkan bahwa Serbia memang menolak memberikan pelatihan militer, namun telah berkomitmen untuk mendukung Ukraina dengan mengirim senjata mematikan.

Mengutip The Jerusalem Post pada Rabu (12/4), pemerintah Serbia menyatakan sikap netral dalam perang Ukraina, terlepas dari ikatan sejarah, ekonomi dan budaya yang mendalam dengan Rusia.

Pakar Eropa Timur di Jamestown Foundation, Janusz Bugajski, mengatakan jika dokumen itu benar, maka Presiden Aleksandar Vucic telah berbohong kepada Rusia dan kemungkinan mendapat tekanan dari AS untuk mendukung Ukraina.

Hingga kini, Departemen Pertahanan AS masih menyelidiki kebocoran tersebut, tetapi laporan itu menunjukkan ancaman keamanan yang serius bagi Washington. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA