Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Berbagai Konflik, Jurnalis di Wilayah Sahel Hadapi Banyak Tekanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 04 April 2023, 17:37 WIB
Di Tengah Berbagai Konflik, Jurnalis di Wilayah Sahel Hadapi Banyak Tekanan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Konflik militer dan kekerasan yang terjadi di wilayah Sahel telah membuat arus media informasi menjadi semakin terkekang.

Mengutip laporan RSF News pada Selasa (4/4), jurnalis dan pegiat media yang bertugas di wilayah Sahel, meliputi negara Senegal, Mauritania, Mali, Burkina Faso, Niger, Nigeria, Chad, Sudan, Ethiopia, Eritrea, Djibouti, dan Somalia, mendapat tekanan besar dari pemerintah dan ancaman kekerasan dari kelompok jihadis.

Baru-baru ini, pemerintah militer Burkina Faso mengusir koresponden harian Prancis Le Monde dan Libération, setelah dituduh menyebarkan propaganda.

Pengusiran itu menggambarkan kemerosotan kebebasan informasi dan pembatasan yang harus dihadapi para jurnalis di wilayah tersebut.

Belum lag para jurnalis juga dihadapkan pada kekerasan jihadis, di mana antara tahun 2013-2023 tercatat lima wartawan dibunuh dan enam lainnya masih dinyatakan hilang.

Tekanan di beberapa negara yang dikuasai junta militer sangat terlihat, seperti di Mali, Burkina Faso, dan Chad.

Tercatat sekitar 120 jurnalis telah ditangkap atau ditahan, 72 dua di antaranya merupakan jurnalis yang ada di Chad. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA