Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anwar Ibrahim: Proyek Petronas di Laut China Selatan Bukan di Wilayah Beijing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 04 April 2023, 15:16 WIB
Anwar Ibrahim: Proyek Petronas di Laut China Selatan Bukan di Wilayah Beijing
Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim/Net
rmol news logo Pemerintah Malaysia tidak gentar melanjutkan proyek eksplorasi Petronas di Laut China Selatan, di tengah upaya Beijing untuk mengklaim sebagian besar perairan tersebut.

Perdana Menteri Anwar Ibrahim mengatakan ia telah memberi tahu pihak China bahwa proyek milik perusahaan energi negara dilakukan di perairan Malaysia.

"China khawatir bahwa Petronas telah melakukan aktivitas besar di wilayah yang juga diklaim oleh mereka. Saya tegaskan bahwa Malaysia melihat itu sebagai wilayah Malaysia, maka Petronas akan melakukan kegiatan eksplorasi di sana," ujar Anwar di hadapan parlemen pada Selasa (4/4).

Dimuat The Straits Times, Anwar tidak merinci proyek apa atau di mana lokasi pasti dari kegiatan tersebut.

Meski begitu, Anwar menyebut, jika China merasa wilayah terkait adalah bagian dari mereka, maka Malaysia terbuka untuk melakukan negosiasi.

Di samping itu, Anwar menekankan, Kementerian Luar Negeri Malaysia akan mengeluarkan nota protes jika terjadi perselisihan antara kapal Malaysia dan China di wilayah tersebut.

Hingga saat ini pihak China belum memberikan tanggaan atas pernyataan Anwar.

China mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan sebagai wilayahnya melalui "sembilan garis putus-putus” di petanya, yang memotong zona ekonomi eksklusif (ZEE)Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA