Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belarus Blak-blakan, Bersedia Jadi Tuan Rumah Nuklir Rusia untuk Lawan NATO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 29 Maret 2023, 11:13 WIB
Belarus Blak-blakan, Bersedia Jadi Tuan Rumah Nuklir Rusia untuk Lawan NATO
Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Belarusia, Aleksander Luakshenko/Net
rmol news logo Pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang penempatan senjata nuklir di luar teritori negara, dikonfirmasi kebenarannya oleh Kementerian Luar Negeri Belarusia pada Selasa (28/3).

Dalam sebuah pernyataan, Kemlu Belarusia mengaku telah setuju menjadi tuan rumah senjata nuklir taktis Rusia dan bekerja sama melindungi negara dari tekanan sekutu Barat dan NATO.

“Selama dua setengah tahun terakhir, Republik Belarus telah mengalami tekanan politik, ekonomi, dan informasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dari AS, Inggris dan sekutu NATO-nya, serta negara-negara anggota Uni Eropa,” bunyi pernyataan Kemlu Minsk, seperti dimuat Arab News.

Melihat kondisi tersebut, Belarusia tidak akan diam dan terpaksa merespon dengan memperkuat kemampuan dan keamanan pertahanannya sendiri bersama Rusia yang juga memiliki visi yang sama.

Kemlu Belarusia menilai keputusan untuk menerima rencana penempatan nuklir Rusia tidak akan bertentangan dengan perjanjian non-proliferasi internasional.

Sebab, Belarusia sendiri hanya menampung nuklir Rusia sebagai strategi penguatan pertahanan, tetapi tidak memiliki kendali untuk menggunakan senjata tersebut.

Pada Sabtu (25/3), Putin mengumumkan rencana menyebarkan senjata nuklir taktisnya di negara tetangga sekaligus sekutu setia, Belarusia.

Pernyataan tersebut telah  meningkatkan ketegangan dan kritikan keras dari Ukraina dan sekutu Barat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA