Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Xi Jinping Siap Meneruskan Dukungan untuk Perbaikan Hubungan Arab dan Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 29 Maret 2023, 06:31 WIB
Xi Jinping Siap Meneruskan Dukungan untuk Perbaikan Hubungan Arab dan Iran
Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dan Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Sebagai bagian dari pihak yang terlibat, Beijing menyatakan siap untuk mendukung proses tindak lanjut antara Arab Saudi dan Iran setelah menjadi perantara kesepakatan untuk memulihkan hubungan.

Hal itu disampaikan Presiden China Xi Jinping selama panggilan telepon dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Putra Mahkota mengatakan kepada Xi tentang pentingnya hubungan strategis antara kedua negara. Ia menyampaikan penghargaannya terhadap upaya China untuk mengembangkan hubungan antara Arab Saudi dan Iran.

“Selama panggilan, mereka meninjau aspek kemitraan antara Kerajaan dan China, dan upaya koordinasi bersama untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang,” lapor kantor berita SPA.

Xi juga memuji peran Kerajaan dalam mempromosikan pengembangan hubungan negaranya dengan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dan Timur Tengah yang lebih luas.

Teheran dan Riyadh mencapai kesepakatan pada awal Maret untuk melanjutkan hubungan diplomatik setelah bertahun-tahun permusuhan.

Pada 2016, Riyadh memutuskan hubungan dengan Teheran setelah pengunjuk rasa menyerbu pos-pos diplomatik Saudi di Iran menyusul eksekusi seorang ulama Syiah.

Kesepakatan yang ditengahi Beijing akan membuat Riyadh dan Teheran membuka kembali kedutaan dan konsulat mereka dalam dua bulan ke depan.

Kedua negara akan mengaktifkan kembali perjanjian kerja sama keamanan tahun 2001 dan kesepakatan tahun 1998 di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, teknologi, ilmu pengetahuan, budaya, olahraga, dan pemuda.

Para ahli memperkirakan bahwa hubungan baru tersebut akan mengubah dan membentuk kembali kawasan yang telah didominasi oleh ketidakstabilan dan turbulensi selama bertahun-tahun. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA