Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Komisi II Akan Panggil Ahok

Laporan: | Jumat, 16 September 2016, 19:49 WIB
Komisi II Akan Panggil Ahok

Basuki Tjahaja Purnama/Net

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menilai Rusunawa yang ditempati oleh warga Rawa Bebek, Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur dinilai tak layak huni.

Oleh karena itu, dia mendesak Komisi II DPR RI untuk segera memanggil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama alias Ahok.

"Kita akan minta Komisi II untuk segera memanggil Ahok," ujarnya disela-sela kunjungannya di Rusunawa Rawa Bebek, Jumat (16/9).

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Riza Partia yang juga ikut dalam rombongan sidak itu tanggap. Dia langsung menyanggupi untuk segera memanggil Ahok.

Dia mengaku ada beberapa masalah yang akan dipertanyakan langsung ke Ahok. Diantaranya Ahok sama sekali tidak membayar ganti rugi bagi warga tergusur.

"Di Jakarta ini harusnya masyarakat yang sudah tinggal 20 tahun sesuai UU, harusnya dapat memilikinya. Namun demikian Ahok tidak mau tahu, setidaknya ada satu kompensasi yang layak seperti diberikan rumah pengganti yang layak," ketusnya.

Bukan hanya itu, menurutnya, jikapun pemerintah DKI bertujuan untuk membangun Jakarta yang lebih baik, seharusnya warga yang telah digusur rumahnya tak dipindahkan dari lokasi awal.

"Jadi tanah yang luas 5 hektar katakanlah 1 hektar dibangun untuk perumahan sisanya untuk kepentingan komersil, atau taman, tetapi bukan dipindahkan ke lokasi yang jauh," sesalnya.

Hal itu menurutnya agar warga yang mayoritas memiliki mata pencarian disekitar lokasi awal tidak kehilangan pekerjaannya. [sam]
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)