HR Asia Awards yang diselenggarakan di 12 negara, telah menjadi ajang bergengsi yang memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan dengan praktik sumber daya manusia terbaik serta menunjukkan tingkat keterlibatan karyawan yang tinggi dan budaya kerja yang luar biasa.
Sejak 2019, Danone Indonesia selalu berhasil mendapatkan apresiasi di HR Asia Awards.
Vice President Human Resources Danone Indonesia, Rizki Raksanugraha, berharap penghargaan ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi Danone Indonesia untuk terus memberikan yang terbaik bagi karyawan.
“Kami sangat bersyukur atas penghargaan ini yang merupakan hasil kerja keras seluruh tim Danone Indonesia. Kami berterima kasih kepada seluruh karyawan dan semua pihak yang telah memberikan apresiasi serta masukannya dalam proses penilaian penghargaan ini," ujar Rizki Raksanugraha, dalam keterangannya, Senin 23 Juni 2025.
"Hal ini adalah pengingat kami atas tanggung jawab perusahaan untuk selalu menghadirkan lingkungan kerja yang suportif, inklusif, dan memprioritaskan kesejahteraan karyawan," imbuhnya.
Kriteria SeleksiHR Asia Awards 2025 mempertimbangkan lima kriteria seleksi yang mencakup keterlibatan karyawan yang tinggi, budaya kerja yang positif, kebijakan dan praktik yang mengutamakan kesehatan & kesejahteraan karyawan, tanggung jawab lingkungan & penerapan praktik bisnis berkelanjutan, serta inovasi ramah lingkungan & dampak pada masyarakat.
Proses penilaian dilakukan berdasarkan hasil survei karyawan yang mengukur aspek pengalaman dan persepsi karyawan terhadap perusahaan, serta penilaian dari dewan juri independen terhadap inisiatif dan strategi human resources yang diterapkan di Danone Indonesia.
Penghargaan kategori “Best Companies to Work for in Asia” diberikan kepada perusahaan dengan tingkat keterlibatan karyawan yang tinggi, dan transformasi organisasi yang berfokus pada pengembangan karyawan melalui berbagai program peningkatan kapabilitas, pembelajaran lintas fungsi, pemberdayaan digital serta menanamkan budaya Danone Behaviours untuk karyawan dari berbagai latar belakang dan kultur.
Karena telah berhasil mendapatkan kategori ini sebanyak lebih dari 5 kali di tahun ini, Danone Indonesia juga dianugerahi predikat “HR Gold Harmonia”.
Lalu Penghargaan “Diversity, Equity, and Inclusion (DEI)” diberikan karena telah berhasil menerapkan praktik-praktik DEI dan menjadi contoh luar biasa dalam mempromosikan keberagaman, kesetaraan, dan inklusi. Tahun ini menjadi tahun pertama bagi Danone Indonesia berhasil memperoleh penghargaan di kategori tersebut.
Danone Indonesia menerapkan lingkungan kerja yang aksesibel dan telah melalui assesment untuk tiga tipe disabilitas: physical, sensory, dan mentals. Danone Indonesia juga dinilai menyediakan ekosistem yang dan mendukung para ibu yang bekerja melalui kebijakan dan fasilitas ramah keluarga seperti penyediaan daycare, ruang laktasi yang nyaman, dan
paid maternity leave untuk ibu selama 6 bulan dan ayah selama 10 hari melebihi apa yang ditetapkan Undang-undang
Sementara itu, penghargaan “Most Caring Company” yang telah diraih sebanyak empat kali, menyoroti komitmen perusahaan dalam menerapkan praktik dan kebijakan yang memprioritaskan kesejahteraan karyawan serta mempromosikan budaya dan lingkungan tempat kerja yang mendukung pengembangan diri karyawan.
Dalam kategori ini, Be Well Program yang dinilai mampu menghadirkan pendekatan menyeluruh untuk mendukung kesejahteraan fisik, mental, dan finansial karyawan. Contohnya, melalui program penyediaan opsi makanan sehat, program penurunan berat badan, dan perbaikan kualitas kantin untuk karyawan; penyediaan layanan kesehatan mental hingga dukungan keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan karyawan; serta peningkatan kesehatan karyawan, melalui vaksinasi rutin, kelas olahraga rutin, dan medical check-up rutin.
Lebih lanjut, penghargaan “Sustainable Workplace” yang diraih untuk kedua kalinya, menegaskan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan.
Danone Impact JourneyVice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, menjelaskan, “Komitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang peduli terhadap pengembangan dan kesejahteraan karyawan telah menjadi salah satu fokus utama dalam peta jalan keberlanjutan kami, Danone Impact Journey.”
Dalam operasionalnya, Danone Indonesia terus menerapkan praktik-praktik ramah lingkungan dengan mengembangkan berbagai inisiatif dalam bidang kesehatan, keberlanjutan lingkungan, serta fokus pada dampak positif yang dapat dihadirkan melalui pemberdayaan komunitas dan masyarakat di sepanjang rantai bisnisnya.
Dalam aspek kesehatan, Danone Indonesia aktif dalam upaya pencegahan stunting dan anemia melalui program Aksi Bersama Cegah Stunting serta menargetkan untuk dapat melakukan skrining dan edukasi seputar defisiensi zat besi dan anemia ke lebih dari 500,000 anak, ibu hamil di seluruh Indonesia.
Sementara itu, dalam aspek lingkungan, Danone Indonesia mengembangkan berbagai program konservasi dan pengelolaan sumber daya air yang terintegrasi dari hulu ke hilir dan menargetkan untuk dapat mengembalikan air ke lingkungan dan masyarakat lebih dari yang digunakan.
Pun aktif dalam implementasi ekonomi sirkular dan pengelolaan sampah melalui #BijakBerplastik dan telah berhasil mengumpulkan 31.500 ton sampah setiap tahunnya melalui berbagai inisiatif dan kolaborasi. Penggunaan energi baru terbarukan juga menjadi fokus Danone Indonesia melalui penggunaan PLTS Atap dan boiler biomassa dalam upaya efisiensi energi dan pengurangan emisi karbon.
“Kami berkomitmen untuk dapat terus maju dan berkembang bersama karyawan dalam mencapai fokus kami lainnya untuk dapat menghadirkan kesehatan melalui berbagai produk yang berkualitas sekaligus menjaga keberlanjutan lingkungan dan memberikan dampak positif bagi komunitas di sepanjang rantai bisnis Danone Indonesia,” tutup Vera.
BERITA TERKAIT: