Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MD Entertainment Mau Caplok 80 Persen Saham NET TV, Segini Nilainya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 29 Agustus 2024, 12:01 WIB
MD Entertainment Mau Caplok 80 Persen Saham NET TV, Segini Nilainya
Representative Image/Net Tv
rmol news logo Rumah produksi, PT MD Entertainment Tbk (FILM) berencana mengakuisisi 80,05 persen saham PT Net Visi Media Tbk atau NET TV, dengan nilai transaksi mencapai Rp1,65 triliun.
HUT 79 RI

Nantinya, jika transaksi ini terealisasi, maka MD Entertainment bakal menjadi pemegang saham pengendali baru dari NET TV.

"Penyelesaian rencana transaksi material akan menyebabkan perseroan menjadi pengendali baru NET TV  mengingat perseroan akan memiliki lebih dari 50 persen saham di NET TV," kata Corporate Secretary FILM Fidela Hasworini dalam keterbukaan informasi, Kamis (29/8).

NET TV akan menerbitkan sekitar 25,2 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp50 per saham. Saham baru tersebut akan diserap oleh MD Entertainment, termasuk 13,24 juta saham hasil konversi surat utang senilai Rp661,95 miliar, serta 11,98 juta saham baru dalam bentuk uang kas senilai Rp599,1 miliar. 

Keseluruhan transaksi ini mewakili 60,98 persen dari total modal yang ditempatkan dan disetor oleh NET TV, dengan nilai pembelian mencapai Rp1,26 triliun.

Selain itu, MD Entertainment juga akan membeli saham NET TV dari PT Teladan Investama, PT Indika Inti Holo, dan PT Sinergi Lintas Media dengan nilai nominal Rp200 per saham, yang totalnya mencapai Rp394 miliar dan mewakili 19,07 persen saham.

Untuk membiayai akuisisi ini, MD Entertainment berencana melakukan private placement senilai Rp1,65 triliun. PT Permata Surya Gitatama dan PT Teladan Investama akan menyerap saham baru hasil private placement ini, yang dananya berasal dari konversi utang.

Fidela menambahkan bahwa akuisisi ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap bisnis MD Entertainment, mengingat kesesuaian dengan bisnis inti mereka di sektor media dan hiburan. 

Selain itu, langkah ini juga diharapkan dapat memperluas akses MD Entertainment ke saluran distribusi televisi, memperkuat kapabilitas produksi, dan membuat NET TV semakin kompetitif di industri.

"Perseroan memiliki rekam jejak produksi konten-konten televisi yang sukses. Dengan transaksi ini, NET TV akan mendapatkan akses kepada kapabilitas produksi perseroan yang akan membuat NET TV semakin kompetitif," ujarnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA