Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diterpa Boikot CEO Starbucks Pilih Mundur, Ini Penggantinya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 15 Agustus 2024, 09:14 WIB
Diterpa Boikot CEO Starbucks Pilih Mundur, Ini Penggantinya
(kiri) CEO Starbucks baru, Brian Niccol dan (kanan) CEO Starbucks Laxman Narasimhan/AP
rmol news logo CEO Starbucks Laxman Narasimhan mengundurkan diri di tengah menurunnya penjualan kedai kopi tersebut akibat gerakan boikot yang diserukan di berbagai negara.

Meski demikian, belum diketahui apa yang menjadi penyebab mundurnya Narasimhan dalam jabatannya.

Namun seperti dikutip dari CNN, Kamis (15/8), Starbucks telah menunjuk Kepala Chipotle Mexican Grill Brian Niccol sebagai penggantinya yang baru mulai 9 September mendatang.

Niccol yang akan menjadi CEO ke-4 Starbucks dalam kurun waktu dua tahun ini sebelumnya telah memimpin restoran cepat saji Meksiko di AS Chipotle, sejak 2018 lalu.

Menurut Direktur independen utama Starbucks Mellody Hobson, Niccol akan menetapkan standar baru dalam industri kuliner usai mendorong pertumbuhan yang signifikan serta menghasilkan nilai tambah, seperti pendapatan yang meningkat hampir 800 persen selama ia duduk di kursi CEO Chipotle.

"Niccol adalah pembawa budaya yang membawa banyak pengalaman dan rekam jejak yang telah terbukti dalam mendorong inovasi dan pertumbuhan," kata Hobson melalui keterangan resmi.

"Dewan direksi kami percaya bahwa beliau akan menjadi pemimpin transformatif bagi perusahaan kami, karyawan kami, dan semua orang yang kami layani di seluruh dunia," sambungnya.

Niccol memiliki latar belakang yang kaya di bidang makanan cepat saji, termasuk menjabat sebagai CEO Taco Bell dari 2015 hingga 2018.

Dia juga pernah menduduki berbagai posisi eksekutif di Pizza Hut, jaringan lain yang dimiliki oleh Yum! Brands, sebelum bergabung dengan Taco Bell.

"Kemampuannya untuk mendorong kunjungan pelanggan terlihat jelas selama ia bekerja di Taco Bell dan Chipotle, didorong oleh inovasi menu baru, kampanye pemasaran yang menarik, dan operasi restoran yang lebih baik," kata Kepala Riset Analitik Placer.ai RJ Hottovy.

Atas kabar pengangkatan Niccol sebagai CEO kedai kopi global ini saham Starbucks (SBUX) sempat melonjak hampir 19 persen, sementara saham Chipotle (CMG) merosot 9 persen.

Pengumuman pada Selasa (13/8) ini telah berhasil menghapus kerugian Starbucks sepanjang tahun ini dan menjadikannya sebagai saham dengan persentase kenaikan terbesar dalam satu hari sejak perusahaan ini go public pada 1992.rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA