Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mobil Murah Tiongkok Semakin Mengkhawatirkan Industri AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Kamis, 04 Juli 2024, 02:51 WIB
Mobil Murah Tiongkok Semakin Mengkhawatirkan Industri AS
Ilustrasi mobil listrik China.
rmol news logo Kehadiran kendaraan listrik (EV) Tiongkok dengan harga murah ke pasar Amerika Serikat melalui Meksiko menimbulkan kekhawatiran di kalangan produsen mobil Amerika.

Skenario ini dapat mengganggu pasar kendaraan listrik dalam negeri, di mana kendaraan listrik dalam negeri, yang rata-rata bernilai 55 ribu dolar AS, akan kesulitan bersaing dengan kendaraan listrik asal Tiongkok yang jauh lebih murah.

Produsen mobil Tiongkok dapat memanfaatkan peraturan perdagangan Amerika Utara untuk mengatur produksi di Meksiko dan mengekspor kendaraan listrik mereka ke Amerika dengan tarif minimal, yang berpotensi serendah 2,5 persen. Kemungkinan ini telah memicu kekhawatiran akan terulangnya dampak buruk yang ditimbulkan oleh produk-produk Tiongkok yang disubsidi terhadap industri-industri Amerika seperti baja dan peralatan tenaga surya.

“Berkali-kali, kita telah melihat pemerintah Tiongkok membuang barang-barang bersubsidi tinggi ke pasar dengan tujuan melemahkan manufaktur dalam negeri,” tulis Senator Sherrod Brown, seorang Demokrat dari Ohio, dalam suratnya pada bulan April kepada Presiden Joe Biden yang menyerukan larangan kendaraan listrik Tiongkok di AS.

"Kita tidak bisa membiarkan hal yang sama terjadi pada kendaraan listrik,” ujarnya.

Aliansi untuk Manufaktur Amerika (Alliance for American Manufacturing) juga menyuarakan keprihatinan ini, dan memperingatkan bahwa masuknya kendaraan listrik (EV) Tiongkok yang berharga murah bisa menjadi “peristiwa tingkat kepunahan” bagi industri otomotif Amerika.

Perjanjian AS-Meksiko-Kanada (USMCA), yang disahkan pada tahun 2020, dapat memfasilitasi skenario ini. Perjanjian tersebut mengizinkan kendaraan yang dirakit di Meksiko untuk memasuki AS bebas bea atau dengan tarif nominal, asalkan memenuhi persyaratan konten tertentu di Amerika Utara. Hal ini dapat memungkinkan produsen mobil Tiongkok menurunkan harga mobil di AS secara signifikan.

AS mempunyai beberapa opsi untuk memitigasi ancaman ini. Pejabat bea cukai dapat memutuskan bahwa kendaraan listrik Tiongkok yang dirakit di Meksiko tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat USMCA, atau pembuat kebijakan dapat menekan Meksiko untuk mengecualikan kendaraan Tiongkok. Pendekatan lain dapat berupa pelarangan kendaraan listrik Tiongkok dengan alasan keamanan nasional, mengingat kekhawatiran mengenai pengumpulan data dan potensi kemampuan akses jarak jauh.

Mantan Presiden Donald Trump menyarankan penerapan tarif 100 persen pada kendaraan listrik Tiongkok untuk melindungi pasar Amerika. Namun, tindakan apa pun yang diambil oleh pemerintah AS kemungkinan akan menghadapi tantangan hukum dari perusahaan yang ingin mengimpor kendaraan listrik Tiongkok.

Ancaman dari kendaraan listrik Tiongkok muncul ketika produsen mobil AS sudah menghadapi tantangan di pasar kendaraan listrik, termasuk melambatnya penjualan dan biaya produksi yang tinggi. Meskipun ada insentif pajak federal, harga tinggi dan kelangkaan stasiun pengisian telah menghambat adopsi kendaraan listrik di AS.

Beberapa ahli berpendapat bahwa mengizinkan kendaraan listrik Tiongkok yang berharga murah masuk ke AS dapat mempercepat adopsi kendaraan listrik dan menurunkan harga. Christine McDaniel, peneliti senior di Mercatus Center Universitas George Mason, menyatakan bahwa persaingan pasar dapat menguntungkan konsumen, bahkan jika hal itu mengganggu industri. “Akan lebih murah jika membiarkan mobil Tiongkok masuk, melupakan semua tarif dan subsidi, dan membiarkan pasar yang menentukannya,”

Tiongkok saat ini memimpin pasar kendaraan listrik global, memproduksi hampir 62 persen kendaraan listrik bertenaga baterai di dunia pada tahun lalu. Sebaliknya, Amerika memproduksi kurang dari 10 persen, menurut GlobalData. Produsen mobil Tiongkok seperti BYD telah mencapai efisiensi biaya yang signifikan melalui subsidi pemerintah, sehingga memungkinkan mereka menawarkan model seperti Seagull dengan harga mulai dari 12 ribu dolar AS di Tiongkok.

Pemerintahan Biden telah menaikkan tarif kendaraan listrik Tiongkok menjadi 102,5 persen, dengan tujuan agar kendaraan tersebut dikeluarkan dari pasar AS. Uni Eropa juga telah mengumumkan rencana untuk mengenakan tarif pada kendaraan listrik Tiongkok.

Terlepas dari upaya ini, USMCA masih dapat mengizinkan kendaraan listrik Tiongkok yang dirakit di Meksiko untuk memasuki AS dengan tarif yang jauh lebih rendah. Kendaraan harus memiliki 75 persen konten yang bersumber dari Amerika Utara dan memenuhi persyaratan ketenagakerjaan tertentu agar memenuhi syarat untuk mendapatkan perlakuan bebas bea berdasarkan USMCA, yang dapat menjadi tantangan bagi produsen mobil Tiongkok.

Para pejabat AS dapat menolak anggapan bahwa terjadi transformasi substansial selama proses perakitan. Namun AS akan kesulitan untuk menang jika keputusan tersebut digugat di Pengadilan Perdagangan Internasional AS, “mengingat perubahan substansial yang biasanya terjadi di pabrik perakitan otomotif,” David Gantz, seorang pengacara perdagangan dan peneliti di Baker Institute di Rice University untuk Kebijakan Publik, telah menulis.

Namun, Gantz seperti dikutip dari Beijing News, mengatakan, “Kesimpulan saya adalah dengan menggunakan satu atau lebih mekanisme perdagangan dan keamanan nasional yang tersedia bagi pemerintah AS, AS akan berhasil mengecualikan kendaraan listrik Meksiko/Tiongkok."

Pemerintahan Biden telah memerintahkan penyelidikan terhadap teknologi “mobil pintar” Tiongkok sebagai potensi awal dari larangan tersebut.

Pada akhirnya, AS dapat memanfaatkan pengaruhnya yang signifikan terhadap Meksiko, yang merupakan pasar ekspor utamanya, untuk mencegah kendaraan listrik Tiongkok memasuki pasar Amerika Utara.

Seperti yang diungkapkan McDaniel, AS memiliki peluang besar untuk melindungi kepentingannya, terutama mengingat iklim geopolitik saat ini dan melemahnya mekanisme penegakan perdagangan global seperti Organisasi Perdagangan Dunia.

Badan Banding WTO, yang bertindak sebagai mahkamah agung, tidak lagi berfungsi secara efektif pada bulan Desember 2019 setelah AS memblokir penunjukan hakim baru. Akibatnya, perselisihan perdagangan kini masih belum terselesaikan tanpa batas waktu.

“Kami tidak lagi beroperasi di lingkungan yang diatur WTO. Kita berada di dunia di mana kekuasaan menentukan hasil. Itulah kenyataannya saat ini,” demikian McDaniel. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA