Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MIND ID Siap Jadi Penggerak Utama Transisi Energi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 11 Mei 2024, 20:36 WIB
MIND ID Siap Jadi Penggerak Utama Transisi Energi
Ilustrasi mobil listrik/Net
rmol news logo Transisi energi terus menjadi perhatian BUMN Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID). Fokus utama adalah membangun ekosistem kendaraan listrik, dengan fokus pada pengembangan baterai menggunakan bahan dasar tembaga, mangan, dan nikel.

MIND ID bersama anggotanya, PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), dan PT Timah Tbk. (TINS) berkomitmen menjadi pemain kunci dalam membangun ekosistem tersebut.

Dalam ekosistem kendaraan listrik, tembaga menjadi elemen krusial untuk pembangunan infrastruktur listrik, penyimpanan energi, dan sistem pengisian. Artinya, permintaan tembaga diprediksi akan meningkat pada tahun 2030 mendatang.

Begitu tegas Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf kepada wartawan, Sabtu (11/5).

“Hal ini membuka peluang besar bagi produsen tembaga seperti anggota Grup MIND ID, PTFI,” ujarnya.

Tembaga dari PTFI, sambungnya, penting dalam pengurangan karbon global, yaitu sebagai komponen kritis yang diperlukan dalam low-carbon economy dan highly electrified energy.

Tidak hanya tembaga, nikel juga penting untuk penyimpanan energi turut diprediksi meningkat tajam.

Lebih lanjut, Heri memastikan MIND ID akan menerapkan praktik pertambangan berkelanjutan melalui prinsip-prinsip Environment, Social, and Governance (ESG). Termasuk membangun ekosistem pertambangan yang inovatif dan berkelanjutan.

“MIND ID tidak hanya berperan sebagai pemain utama dalam industri pertambangan, tetapi juga sebagai penggerak utama dalam mendorong transisi energi menuju masa depan yang berkelanjutan bagi Indonesia,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA