Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Minyak Dunia Meroket 3 Persen Usai Israel Serang Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 19 April 2024, 15:20 WIB
Harga Minyak Dunia Meroket 3 Persen Usai Israel Serang Iran
Ilustrasi/Net
rmol news logo Harga minyak dunia terpantau melesat naik 3 persen setelah Israel menyerang Iran dengan rudalnya pada Jumat (19/4).

Mengutip Reuters, minyak berjangka Brent naik menjadi 89,74 dolar AS (Rp1.460.684) per barel atau meroket 3 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Sementara itu, minyak mentah West Texas Intermediate AS (WTI) naik 3,1 persen menjadi 84,66 dolar AS (Rp1.377.761) per barel.

Kenaikan harga minyak mentah secara signifikan itu langsung terjadi usai Israel menyerang sebuah bandara di kota Isafahan, Teheran sebagai serangan balasan untuk Iran pada akhir pekan lalu di wilayah pendudukan.

Memanasnya konflik Timur Tengah itu telah menyebabkan banyak pakar mengkhawatirkan pasokan minyak Timteng yang disinyalir dapat terganggu.

"Jika laporan (serangan) ini ternyata benar, maka kekhawatiran akan peningkatan eskalasi minyak lebih lanjut akan semakin meningkat, begitu pula kekhawatiran bahwa kita berpotensi semakin mendekati situasi di mana risiko pasokan minyak menyebabkan gangguan pasokan yang sebenarnya," kata kepala strategi komoditas di ING, Warren Patterson.

Serangan balasan itu terjadi setelah Israel menghantam gedung konsulat Iran di Damaskus Suriah, yang menyebabkan tujuh Garda Revolusi Iran, termasuk dua komandan militer senior dan lima petugas Iran lainnya meninggal dunia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA