Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perubahan Budaya Pengaruhi Ekspektasi Pemenuhan Layanan Publik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Senin, 04 Maret 2024, 09:25 WIB
Perubahan Budaya Pengaruhi Ekspektasi Pemenuhan Layanan Publik
ekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi/Ist
rmol news logo Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan, pelayanan publik yang memuaskan hanya dapat dicapai jika petugas layanan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara efektif dan efisien.

Karenanya, peningkatan kompetensi petugas layanan merupakan salah satu hal signifikan dalam pemenuhankebutuhan pelayanan sesuai perubahan budaya masyarakat, tetapi tetap sejalan dengan aturan perundang-undangan.

"Untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik, sesuai asas-asas umum pemerintahan yang baik, diperlukan peningkatan kualitas petugas layanan melalui pelatihan seperti ini," katanya, saat membuka Bimbingan Teknis Service Excellence dan Complaint Handling bagi Petugas Layanan di lingkungan Kemnaker Batch II, di Jakarta.

Melalui rilis dari Biro Humas Kemnaker, Senin (4/3), Anwar Sanusi berpendapat, perubahan budaya masyarakat juga mengakibatkan perubahan ekspektasi mereka, terkait pemenuhan pelayanan publik yang memuaskan.

"Hal inilah yang harus menjadi perhatian bersama, sehingga kita dapat terus memberikan pelayanan prima," katanya.

Lebih lanjut dia berharap, melalui Bimtek Batch II ini, petugas layanan dapat memahami pelayanan dari sudut pandang masyarakat, memahami tipe-tipe pengguna layanan pengguna layanan dan teknik menghadapinya; dan memahami tahapan serta teknik pelayanan prima.

Bimtek Service Excellence dan Complaint Handling diikuti 60 peserta, terdiri dari para petugas layanan di Kemnaker pusat dan UPT Pelaksana Teknis.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA