Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapitalisasi Pasar Saham Indonesia Capai Rp11.762 Triliun, Tertinggi di ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 30 Desember 2023, 12:36 WIB
Kapitalisasi Pasar Saham Indonesia Capai Rp11.762 Triliun, Tertinggi di ASEAN
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kapitalisasi pasar saham Indonesia capai rekor tertinggi sebesar Rp11.762 triliun. Angka itu dilaporkan tertinggi di kawasan ASEAN.

Laporan tersebut disampaikan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Devrivatif,  dan Bursa Karbon Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Inarno Djajadi dalam acara Persiapan Penutupan Perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta pada Jumat (29/12).

“Nilai kapitalisasi pasar saham beberapa kali memecahkan all time high per 28 Desember 2023 kemarin nilai kapitalisasi pasar saham kembali Rp11.762 triliun atau tumbuh 23,82 persen ytd dibanding tahun 2022, ini masih menjadi yang tertinggi di bursa saham kawasan ASEAN,” ujar Inarno.

Selain capaian di pasar saham, OJK juga mengumumkan bahwa penghimpunan dana pasar modal Indonesia terus berkembang pesat. Terdapat 211 penawaran umum yang telah meraih surat pernyataan efektif, dengan total nilai hasil mencapai Rp247,06 triliun.

Dari jumlah tersebut, 74 emiten baru termasuk dalam penawaran umum, yang melibatkan saham dan efek bersifat utang atau sukuk (EBUS).

Tidak hanya sektor pasar modal, pertumbuhan dalam penghimpunan dana security crowdfunding (SCF) juga disoroti. Sebanyak 493 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tercatat telah mengumpulkan dana sebesar Rp1,04 triliun melalui 16 platform penyelenggara SCF, dengan dukungan dari 167 ribu pemodal. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA