Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Eksplorasi Masif, Elnusa Bawa Teknologi Baru untuk Pengeboran Sumur East Pondok Aren

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 16 Desember 2023, 07:34 WIB
Dukung Eksplorasi Masif, Elnusa Bawa Teknologi Baru untuk Pengeboran Sumur East Pondok Aren
Ilustrasi/Net
rmol news logo PT Elnusa Tbk (ELSA) turut berkontribusi dalam kegiatan pengeboran sumur eksplorasi East Pondok Aren (EPN-001), di Tambelang Bekasi, Jawa Barat.

Pengeboran sumur eksplorasi ini, yang tajak sumurnya dilakukan oleh PT Pertamina EP Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, telah dimulai pada 18 Agustus 2023. 
Pengeboran ini membuktikan bahwa ada tambahan sumber daya hidrokarbon. Laporan Pertamina menyebutkan bahwa sumur ini berhasil mengalirkan dengan rate gas mencapai 1,09 MMSCFD dan rate minyak sebanyak 402 BOPD pada kedalaman 2.590 meter.
Direktur Utama Pertamina EP Wisnu Hindadari menyampaikan bahwa Pihaknya konsisten mendorong pengeboran eksplorasi di wilayah kerjanya untuk memastikan Reserve to Production Ratio atau Rasio Cadangan terhadap Produksi di Regional Jawa tetap terjaga dengan baik pada tahun-tahun mendatang.

"EPN001, merupakan sumur Eksplorasi yang bisa menguatkan optimisme pencarian sumber daya baru di area yang tergolong mature untuk dapat segera berkontribusi dalam menjaga daya dukung produksi minyak dan gas dalam beberapa waktu ke depan," kata Wisnu, seperti dikutip dari situs Elnusa, Sabtu (16/12).

Secara scope kontrak, Elnusa mengerjakan kegiatan perforasi dan pipe recovery. Kegiatan perforasi merupakan pembuatan lubang pada casing antara formasi dengan sumur sehingga memungkinkan fluida dari formasi mengalir ke dalam sumur.

Di Sumur EPN-001 ini, Elnusa terlibat lewat kegiatan perforasi untuk perbaikan bonding semen.

Elnusa melakukan pekerjaan untuk Tubing Conveyed Perforation (TCP) saat Drill Stem Test (DST) yang pertama pada tanggal 25 November 2023.

Direktur Operasi Elnusa Charles Harianto Lumbantobing berharap kontribusi Elnusa dalam kegiatan eksplorasi migas di EPN001 dapat menyumbang hasil yang positif dalam upaya menemukan potensi migas baru dari East Pondok Aren,  sehingga dapat turut mendukung target Pemerintah untuk mencapai produksi minyak 1 juta barel per hari dan produksi gas sebesar 12 BSCFD pada tahun 2030 mendatang.

"Elnusa tentu berharap dari pengeboran sumur eksplorasi EPN-001 akan ada hasil positif dalam upaya mencari potensi migas baru di daerah Jawa Barat. Kami juga berharap bahwa kontribusi Elnusa selama ini kepada Pertamina EP akan berlanjut terus ke depannya jika nanti ada kegiatan development, kami juga ingin terus turut andil secara berkesinambungan," tutup Charles. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA