Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dirjen ILMATE: Kualitas Produk Digital Indonesia Terus Membaik, Mampu Bersaing di Pasar Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 18 Oktober 2023, 10:36 WIB
Dirjen ILMATE: Kualitas Produk Digital Indonesia Terus Membaik, Mampu Bersaing di Pasar Global
rmol news logo Kualitas produk digital dan elektronik Indonesia terus berkembang seiring dengan digitalisasi yang telah menjadi tren global selama satu dekade terakhir.

Berbicara di Jakarta, Selasa (17/10), Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier mengungkap keunggulan produk digital tanah air yang menurutnya sudah mulai mampu bersaing di kancah internasional.

“Pelaku industri digital di Indonesia terus tumbuh seiring dengan inisiatif Making Indonesia 4.0 yang terus digaungkan oleh pemerintah," kata Taufiek, seperti dikutip dari situs Kemenperin.

"Produk digital dan elektronik dari Indonesia yang semakin baik kualitasnya mulai mampu bersaing di pasar global,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kemampuan industri digital dan elektronika nasional kepada masyarakat internasional, sekaligus memperluas akses pasar mereka, Kemenperin telah memfasilitasi enam produsen industri digital dan elektronika untuk ikut serta di ajang Pameran Hong Kong Electronics Fair (Autumn Edition) yang digelar pada 13-16 Oktober 2023.

“Fasilitasi promosi pada pameran ini dimaksudkan untuk memperkenalkan produk, jasa dan teknologi industri nasional di pasar internasional khususnya bagi industri elektronika dan digital,” kata Iken Retnowulan, direktur Akses Sumber Daya Industri dan Promosi Internasional Kemenperin, seperti dikutip dari situs Kemenperin, Selasa (17/10).

Keenam perusahaan industri elektronika dan digital yang unjuk gigi pada HKTDC Hong Kong Electronics Fair 2023, yaitu PT. Communication Cable System Indonesia, PT. Nocola IoT Solution, PT. Qwords Company International, PT. Solusi Pakai Muka, PT. Stechoq Robotika Indonesia dan UMG IDEALAB.

“Kami mengirimkan enam industri elektronika dan digital dalam negeri pada pameran ini juga untuk promosi, serta membuka kerja sama dan peluang investasi baru,” jelas Sekretaris Ditjen ILMATE, Yan Sibarang Tandiele.

Pameran tersebut juga dimanfaatkan sebagai ajang promosi produk dalam negeri lewat acara The Forum yang dilaksanakan pada 14 Oktober 2023, di mana dua perusahaan Indonesia memaparkan keunggulan produknya, yaitu produk kabel optik dari PT. CCSI dan produk AI dari PT. Solusi Pakai Muka. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA