Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasar Keuangan Turkiye Goyah di Tengah Kekhawatiran Konflik Israel-Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 10 Oktober 2023, 13:20 WIB
Pasar Keuangan Turkiye Goyah di Tengah Kekhawatiran Konflik Israel-Gaza
Lira Turkiye/Net
rmol news logo Gejolak perekonomian menimpa pasar keuangan Turkiye di tengah kehati-hatian atas konflik militer Israel-Gaza yang sedang berlangsung.

Pada perdagangan Senin (9/10) Mata uang Turki kehilangan 0,43 persen nilainya terhadap dolar AS, menjadi 27,7 lira Turki per dolar pada pukul 11.00 waktu setempat.

Pembukaan Bursa Efek Istanbul, Indeks BIST-100 acuan Turkiye juga turun menjadi 8.300,69 poin, dengan penurunan 1,94 persen dibandingkan penutupan sebelumnya.

Analis di stasiun penyiaran Ekoturk pada Senin (9/10), Murat Tufan mengatakan eskalasi di Timur Tengah telah memperburuk pasar Turkiye yang sudah sudah sangat rapuh di tengah peningkatan inflasi dan depresiasi lira.

"Stuasinya menjadi lebih rumit, terbebani oleh konflik Israel-Gaza terbaru. Pasar tidak siap. Akibatnya, pasar saham Turki mengalami penjualan lebih dari 2 persen pada siang hari, dan dolar naik," ungkapnya, seperti dimuat Xinhua.

Tufan juga memperkirakan bahwa harga minyak bisa naik antara 5 dan 10 persen jika konflik tersebut berlanjut dalam beberapa hari ke depan.

"Hal ini (kenaikan harga minyak) akan menimbulkan kesulitan bagi bank sentral dunia dan Turki pada khususnya," kata Tufan.

Lebih jauh, Tufan juga menjelaskan, jika harga minyak naik maka Federal Reserve AS terpaksa menaikkan suku bunga.

Namun kondisi ini justru dinilai akan semakin membebani negara yang menggunakan cadangan dolar seperti Turkiye.

"Kenaikan suku bunga AS, biaya pinjaman mereka akan semakin meningkat dan ini akan membuat pasar saham Turki lebih sensitif terhadap inflasi," paparnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA