AP I Dirikan Anak UsahaAngkasa Pura Retail

Lebarkan Sayap Ke Bisnis Ritel

Jumat, 24 Oktober 2014, 08:29 WIB
AP I Dirikan Anak UsahaAngkasa Pura Retail
PT Angkasa Pura I (AP)
rmol news logo PT Angkasa Pura I (AP) me­lebarkan ekspansi bisnis ke sektor ritel guna menggenjot pen­dapatan non-aeronautical. Untuk itu, perusahaan pelat me­rah ini mendirikan anak usaha yang diberi nama PT Angkasa Pura Retail.

Angkasa Pura Retail didiri­kan 23 September 2014 dengan modal awal Rp 50 miliar. Sa­hamnya dimiliki AP I dan Ang­kasa Pura Hotel. Direktur Tek­nik AP I Polana B Pramesti ditunjuk menjadi Komisaris Utama Angkasa Pura Retail.

“Usaha penjualan berbentuk Duty free, Duty Paid, Food and Beverage (F&B). Sedangkan untuk jasa pemasaran berupa komunikasi pemasaran, desain grafis, media placement & bu­ying dan event activation,” ujar Direk­tur Utama Angkasa Pura Retail Teges Prita Soraya, kemarin.

Menurut dia, pihaknya bakal membuka kedai kopi bernama Republik dan beberapa gerai makanan lainnya. Dalam waktu dekat ini bakal dibuka di Ban­dara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Se­pinggan, Balikpapan.

Direktur Utama AP I Tommy Soetomo menambahkan, perse­roan ingin membawa Angkasa Pura Retail menjadi perusahaan ritel perjalanan atau travel retail Indonesia dengan pengakuan regional.

“Diharapkan anak usaha tersebut memberikan kualitas tertinggi untuk partner kerja dan pelanggan,” ucapnya.

Tommy optimis bisa mem­bawa Angkasa Pura Retail men­jadi perusahaan travel re­tail terbesar di Indonesia. Hal itu akan memberikan kontribu­si besar kepada AP l sebagai in­duk perusahaan.

“Kami berusaha memberikan pengalaman yang menarik dan berbeda bagi para pengguna jasa bandara. Ke depannya kami akan terus berusaha me­ning­katkan tingkat kepuasan pe­langgan (Customer Satisfac­tion Index/CSI) dari para pengunjung ba­ndara,” terangnya.

Perseroan berharap dapat me­ngelola 15 persen atau se­kitar 10.000 meter persergi (m2) area komersial bandara di bawah pe­ngelolaan AP I. Hal itu dila­kukan dengan berbagai macam diver­sifikasi usaha serta memiliki brand mandiri dalam dua tahun.

Saat ini telah ada sekitar 25 partnership brand yang akan ambil bagian dalam langkah bisnis Angkasa Pura Retail. Di antaranya Wakai, Timberland, Rimowa, Red&White Wine Spirits, South Dakota, Richfield, National Geographic Store, Levis, Tulisan dan Nescafe Dolce Guto.

Selain itu, Angkasa Pura Retail juga sedang mengem­bangkan 11 original in house brand, salah satunya BACI (sebuah make up and beauty store). ***

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

FOLLOW US

ARTIKEL LAINNYA