Guna menyaingi agen tunggal pemegang merek (ATPM) di segmen motor sport, PT Astra Honda Motor (AHM) melunÂcurÂkan motor sport anyar, CBR 250R. Tahun ini, AHM menarÂgetkan volume penjualan Honda CBR 250R sebanyak 10.000 unit.
Motor CBR 250R diharapkan bisa menguasai pasar motor sport premium nasional. Keunggulan motor varian ini meÂnggunakan tekÂnologi Combined-ABS. ComÂbined-ABS adalah sisÂtem pengeÂreman yang memaÂduÂkan antara <Combi Brake SysÂtem dan Antilock Braking System.
“Sistem tersebut dapat meÂngonÂtrol pengereman mendadak maupun pada kondisi jalan licin sehingga mampu menjaga staÂbilitas kontrol terhadap kenÂdaraan,†kata Executive President Director AHM Johanes Loman di sela peluncuran CBR 250R di Jakarta, Rabu (24/2).
Loman mengatakan, harga Honda CBR 250R dibanderol Rp 39,9 juta untuk varian tanpa rem ABS. Sedangkan ABS on the road di Jakarta Rp 46,5 juta. Motor ini dilengkapi sistem Pro-Link untuk suspensi belaÂkang yang akan membuat gonÂcangan pada tempat duduk terasa lebih lembut.
â€AHM optimis CBR 250R baÂkal diminati konsumen, khuÂsusnya penggemar motor sport di Indonesia dan sekaligus meÂmimpin pasar di segmen sport preÂmium Indonesia,†ujar Loman.
Presiden Direktur AHM YuÂsuke Hori juga menambahkan, kehadiran CBR 250R ini diÂyakini bisa menggenjot pasar sport premium di kelas 250 cc hingga 150 persen dari 1.000-an unit per bulan menjadi 2.500 unit per bulan.
Hori mengklaim, secara total pasar sport di Indonesia tahun lalu mencapai 760.000 unit dan diprediksi bisa meningkat Âjadi 800.000 unit. Meski porÂsinya kecil, pasar ini terus meÂnunÂjukkan pertumbuhan penÂjualan AHM.
Kehadiran CBR 250R rupanya membawa semangat tinggi bagi AHM dalam menggenjot volume penjualannya. Hori menargetkan penjualan motor tahun 2011 sebanyak 4,25 juta unit.
Angka ini meningkat 22,47 persen dari penjualan motor Honda pada 2010 sebanyak 3,47 juta unit. Hori mengemukakan, volume penjualan motor AHM di Indonesia pada tahun 2010 meÂlebihi target sebanyak 200 ribu unit.
“Kami mencermati permintaan masyarakat terhadap produk Honda cukup tinggi,†ujarnya.
AHM mencatat penjualan JaÂnuari sebanyak 331.596 unit atau tumbuh sekitar 53,5 persen diÂbandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya.
Pangsa pasar ini didominasi Honda sebesar 49,8 persen. Tahun ini, AHM akan melakuÂkan ekspansi guna memperbesar voÂlume penjualan motor jenis automatic (AT), cap dan jenis sport.
Ketiga jenis produk tersebut jadi andalan bisnis AHM dalam meningkatkan penjualan. Untuk menggenjot penjualan motor jenis automatic, AHM akan meÂningkatkan kapaÂsitas produksi motor varian ini sebanyak 2,5 juta unit per tahun, naik dari kapasitas tahun 2010 sebanyak 1,5 juta unit per tahun.
AHM menginvestasikan moÂdal sebesar 750 miliar yen guna meningkatkan kapasitas proÂduksinya di Indonesia.
“Dana investasi ini akan diÂgunakan untuk meningÂkatÂkan kapasitas produksi autoÂmatic dan meningkatkan penÂjualan HonÂda secara keseluÂruhan,†jelasÂnya. [RM]
Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.
BERITA TERKAIT: