Berita

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi/LKPP

Politik

Tiga Modal Indonesia Bersaing di Pasar Global Versi Kepala LKPP

RABU, 07 AGUSTUS 2024 | 15:12 WIB | LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK

Ada tiga modal penting yang dapat dimanfaatkan Indonesia untuk bersaing di pasar global. Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi mengurai hal tersebut dalam Pameran Internasional Jakarta International Investment, Trade, Tourism and SME Expo (JITEX) 2024 yang digelar di Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center, Rabu (7/8).

Hendrar Prihadi, yang akrab disapa Hendi, mengurai bahwa anak muda, wanita, dan warganet merupakan kunci utama dalam meningkatkan daya saing sebuah negara.

Menurutnya, generasi muda Indonesia memiliki potensi besar terhadap perkembangan pasar global, karena Indonesia memasuki masa bonus demografi yang cukup tinggi pada generasi Z dan Y mendominasi dengan persentase sebesar 52,26 persen.

Peran wanita dalam berbagai sektor, sambungnya, semakin memperkuat sebuah negara. Tercatat, populasi wanita Indonesia terbesar ke-4 di dunia dengan jumlah 141,080,015. Selain itu, masih kata Hendi, Indonesia juga menjadi pengguna internet ke-4 terbesar dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat.

“Namun, bapak dan ibu sekalian, tiga kekuatan itu tidak akan mampu dimaksimalkan tanpa adanya rasa cinta Produk Dalam Negeri (PDN). Cinta, bangga, beli, dan pakai, jadi saya rasa ini menjadi formulasi yang mesti kita sepakati pada hari ini,” tutur Hendi.

Lebih lanjut, Hendi mengajak seluruh stakeholder untuk turut serta melakukan peningkatan kapasitas PDN dan menjawab tantangan terbesar PDN di masyarakat yakni  PDN yang kurang berkualitas, kurang menarik dan inovasi, serta harganya yang terlampau tinggi.

“Ketiga hal “katanya” ini harus kita patahkan lewat berbagai pelatihan, business matching, bahkan event seperti pada pagi ini. Supaya kemudian ada kekuatan yang bisa dilakukan oleh pengusaha lokal atau UMKM untuk mematahkan mitos bahwa PDN dikalahkan produk luar negeri,” tegas Hendi.

Giat yang digelar oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUMM) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) berlangsung pada 7 hingga 11 Agustus 2024 dengan tujuan meningkatkan minat pembeli lokal dan internasional untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Populer

Fenomena Seragam Militer di Ormas

Minggu, 16 Februari 2025 | 04:50

Asian Paints Hengkang dari Indonesia dengan Kerugian Rp158 Miliar

Sabtu, 15 Februari 2025 | 09:54

Bos Sinarmas Indra Widjaja Mangkir

Kamis, 13 Februari 2025 | 07:44

Temuan Gemah: Pengembang PIK 2 Beli Tanah Warga Jauh di Atas NJOP

Jumat, 14 Februari 2025 | 21:40

PT Lumbung Kencana Sakti Diduga Tunggangi Demo Warga Kapuk Muara

Selasa, 18 Februari 2025 | 03:39

Pengiriman 13 Tabung Raksasa dari Semarang ke Banjarnegara Bikin Heboh Pengendara

Senin, 17 Februari 2025 | 06:32

Dugaan Tunggangi Aksi Warga Kapuk Muara, Mabes Polri Diminta Periksa PT Lumbung Kencana Sakti

Selasa, 18 Februari 2025 | 17:59

UPDATE

Herman Deru Senang Narasumber Retret Prabowo hingga Mantan Presiden

Sabtu, 22 Februari 2025 | 05:40

Pramono-Rano Perintahkan JIS Jadi Kandang Persija

Sabtu, 22 Februari 2025 | 05:18

Perluasan Transjakarta Jabodetabekjur Pangkas Macet

Sabtu, 22 Februari 2025 | 04:29

Menjelang Ramadan, Harga Cabai di Bandar Lampung Makin Pedas

Sabtu, 22 Februari 2025 | 04:15

Legislator Kebon Sirih Kawal 12 Program Prioritas Pramono-Rano

Sabtu, 22 Februari 2025 | 04:04

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana Tak Patuhi Instruksi Megawati

Sabtu, 22 Februari 2025 | 03:26

Rano Karno Blusukan ke Rusunawa

Sabtu, 22 Februari 2025 | 03:14

Retret Kepala Daerah Punya Legal Basis Kokoh

Sabtu, 22 Februari 2025 | 03:07

Nekat Study Tour, Kepsek di Jabar Langsung Dinonaktifkan

Sabtu, 22 Februari 2025 | 02:43

Halal Kulture Distrik Jakarta Suguhkan Energi Baru Muslim Muda

Sabtu, 22 Februari 2025 | 02:28

Selengkapnya