Berita

Nusantara

Cagub Petahana Aceh Usung Tagline "AZAN", Ini Maknanya

SENIN, 01 AGUSTUS 2016 | 03:20 WIB | LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengakui bahwa tentu ada masyarakat yang kecewa dan tidak puas terhadap kepemimpinannya selama lima tahun ini. Penyebabnya, dia menjelaskan, tidak lain dan tidak bukan karena kealpaannya sebagai gubernur.

"Ini bukan apologi, tapi kenyataan bahwa antara teks dan konteks sering bersimpang jalan, banyak saya temui," jelas Zaini Abdullah dalam jumpa pers di halaman Hotel Aceh, Banda Aceh, Minggu (31/7).

Dia mengakui perjanjian perdamaian telah diteken, UU Pemerintahan Aceh telah disahkan oleh DPR-RI. Tapi itu baru kesepakatan, belum menjadi kesepahaman. Butuh waktu untuk menjalin kesepahaman dalam menerjemahkan teks dari kesepakatan.

"Ini juga salah satu yang mendorong saya untuk kembali maju, untuk meneruskan apa yang tidak bisa saya penuhi di tahun-tahun kemarin, dan kembali mewujudkan apa yang kita bayangkan sebagai masa depan Aceh," katanya dalam jumpa pers terkait pencalonannya kembali sebagai cagub Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, dia pun menjelaskan tagline 'AZAN' yang dipilih bersama Nasaruddin, cawagub yang akan mendampinginya sebagai pasangan independen.

"Kata 'AZAN' sengaja saya dan Tgk. Nasaruddin pilih, karena selain kedekatan singkatan nama Zaini Abdullah dan Nasaruddin atau kadang agar dipaksakan untuk pas, maka ada yang menyebut Abu Zaini Abdullah dan Nasaruddin atau Aceh Zaini Abdullah dan Nasaruddin. Namun AZAN kami pilih karena tiga karakter yang kami harapkan melekat juga pada perjalanan kami berdua," ucapnya.

Karakter yang pertama adalah AZAN sebagai seruan. Dia berharap mereka dan dan para pendukung tidak berhenti dalam menyerukan kebenaran dan kebajikan ke seluruh penjuru Nanggroe.

"Kami berharap pendukung kami bisa menjadi muadzin-muadzin yang senantiasa berseru dan mengajak setiap orang untuk menjaga perdamaian ini. Rencong telah disarungkan, senjata sudah dimusnahkan, rasa marah sudah diredakan. Maka saatnya hari-hari di masa damai ini kita isi dengan saling tolong menolong dan saling berbagi kebahagiaan terhadap sesama. Sudah lama kita hidup dalam air mata, sudah menjadi tugas kita untuk menjamin anak dan cucu kita kelak hidup dalam kehormatan dan kebahagiaan," tukasnya

Kedua, AZAN sebagai peringatan, ingatan akan waktu dan ingatan akan keberadaan kita di muka bumi. Tidak henti rekaman masa konflik, detik demi detik perundingan di Helsinki, wajah syuhada-syuhada Aceh jua yang terbayang.

"Kepada mereka-lah perdamaian ini kita persembahkan, bahwa syahidnya mereka tidak sia-sia, karena kedamaian telah nyata di Aceh, anak dan isteri mereka tidak akan lagi merasa tidak aman dan terancam. Nama mereka akan menjadi diceritakan turun temurun, anak-cucu-cicit mereka bangga pada pengorbanan orang tua mereka," imbuh mantan tokoh Gerakan Aceh Merdeka ini.

Terakhir, AZAN adalah ajakan menuju kemenangan. "Dalam tim pemenangan AZAN saya selalu ulangi, bahwa kemenangan yang kita maksud adalah terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur yang terbaik, tidak harus saya, siapapun yang akan terpilih kelak," sambungnya.

Dia mengingatkan kemenangan adalah buah dari usaha, tidak ada kemenangan yang jatuh dari langit. Kemenangan adalah hasil capaian, namun bukan keberakhiran. Kemenangan yang sempurna adalah kemenangan yang dirasakan oleh semua rakyat Aceh, yang menang tidak angkuh dan yang kalah tidak juga menyimpan dendam. Kondisi kemenangan seperti itulah yang mereka inginkan.

"Maka hari ini, dari halaman Hotel Aceh, tempat bersejarah dimana Soekarno menerima sumbangan emas dari tangan rakyat Aceh, tempat dimana Tgk. Daud Beureueh mengumpulkan seluruh pengusaha Aceh hingga Republik Indonesia membeli pesawat kepresidenan pertama," ungkapnya.

Dari tempat tersebut, dia menegaskan, AZAN akan selalu berkomitmen menjaga kesetiaan pada janji yang telah ditandatangani di Helsinki. Perdamaian adalah amanah Wali Nanggroe yang mereka jaga dengan penuh kesungguhan.

"AZAN adalah sebuah gerakan untuk memastikan kemenangan siapapun kelak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, adalah kemenangan bersama yang akan mendapatkan berkah. Bagi AZAN kekuasaan tidak untuk dijadikan alasan untuk bertikai satu sama lain. Harga perdamaian dan ketenangan hidup rakyat banyak adalah hal yang jauh lebih penting," tekannya.

"Terimakasih, saya akhiri pidato/surat/ pernyataan ini, mohon doa dan restu dari seluruh rakyat Aceh, bagi siapapun yang juga berniat ikut dalam kontestasi Pilkada tahun depan, mari jaga perdamaian, tidak ada pertikaian yang menghasilkan kemakmuran, pertikaian selalu dekat dengan kehancuran," pungkasnya. [zul]

Populer

Warganet Beberkan Kejanggalan Kampus Raffi Ahmad Peroleh Gelar Doktor Kehormatan

Senin, 30 September 2024 | 05:26

WNI Kepoin Kampus Pemberi Gelar Raffi Ahmad di Thailand, Hasilnya Mengagetkan

Minggu, 29 September 2024 | 23:46

Kejagung di Bawah ST Burhanuddin, Anak Buah Jalan Masing-masing

Rabu, 25 September 2024 | 17:11

Warganet Geram Bahlil Bandingkan Diri dengan Rasulullah: Maaf Nabi Tidak Minum Alkohol

Kamis, 26 September 2024 | 07:43

Salaman Andika Perkasa Dicuekin Kapolda Jateng dan Pj Gubernur

Rabu, 25 September 2024 | 11:18

MUI Tuntut Ahmad Dhani Minta Maaf

Rabu, 02 Oktober 2024 | 04:11

Aksi Massa Desak Polisi Tetapkan Said Didu Tersangka

Kamis, 03 Oktober 2024 | 20:43

UPDATE

Sultan Bachtiar Najamuddin Rising Star Bengkulu

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 17:53

Korea Selatan Sepakat Tanggung Biaya Keamanan Tentara AS Sebesar Rp17 Triliun

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 17:50

Lawan Hoaks Menuju Pilkada Jakarta Berintegritas

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 17:41

Jadi Irup Terakhir Sebagai Presiden, Jokowi Berterima Kasih ke TNI

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 17:14

APPI Optimis Multifinance Dapat Bantu Pemerintah Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 16:47

Kabinet Prabowo-Gibran Idealnya Lebih dari 50 Persen Diisi Profesional

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 16:24

Jokowi: HUT TNI Tahun Ini Paling Merakyat

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 15:44

Dinasti di Parlemen, Ini Daftar Anggota Dewan yang Punya Relasi Keluarga

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 15:20

Peluru Israel Tidak akan Pernah Habis

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 14:54

Brent Melonjak dalam Sepekan Imbas Timteng Memanas

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 14:53

Selengkapnya