Berita

Pertahanan

TNI AL Selamatkan Kapal Kandas, Korbannya Termasuk Calon Bintara AD

SENIN, 24 AGUSTUS 2015 | 10:19 WIB | LAPORAN: ALDI GULTOM

Jajaran TNI AL berhasil menyelamatkan sebuah kapal penumpang KM. Sabuk Nusantara 34 yang mengalami kandas di perairan sekitar 2,1 NM sebelah barat perairan Seira, Kecamatan Werkatian, Saumlaki, Maluku Tenggara Barat pada posisi 07 41 76,1 LS - 130 56 515 BT, pada hari Minggu kemarin (23/8) sekitar pukul 10.00 WIT.

Informasi ini didapatkan dari Kepala Dinas Penerangan AL (Kadispenal), Laksamana Pertama TNI M. Zainudin, S.H., M.M, beberapa saat lalu. Saumlaki adalah kota di Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang termasuk perairan Aru.

Kronologis kejadian yang diterangkan Kadispenal sebagai berikut. KM.Sabuk Nusantara 34 yang dinakhodai Kapten Kapal Ibu Martha bertolak dari Pelabuhan Umum Saumlaki pada pukul 05.00 WIT dengan tujuan Larat-Tual-Dobo-Ambon dengan membawa penumpang sebanyak 171 orang, terdiri dari 115 laki-laki, 56 perempuan, 18 diantaranya adalah anak-anak, termasuk 21 orang adalah calon Bintara TNI AD dari perbatasan Kodim 1507/Saumlaki.

Dalam pelayaran tersebut KM. Sabuk Nusantara 34 mengalami kandas dikarenakan kesalahan jalur pelayaran akibat tidak adanya rambu-rambu pelayaran pada jalur air pasang surut di sekitar perairan Seira, sehingga kapal berada jauh dari bibir pantai dan mengakibatkan 1 buah baling-baling patah serta 1 buah baling-baling hilang. Mengetahui kapal kandas, nakhoda langsung menginformasikan melalui radio untuk meminta bantuan SAR.

Permintaan bantuan ini langsung direspons seraca cepat oleh Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki dengan menurunkan 2 unit Combat Boat Patkamla Lanal Saumlaki, 1 unit speed boat PT Inpex, dan kapal perintis KM. Irama. Seluruh penumpang dievakuasi ke Saumlaki. Dan selama proses evakuasi berjalan aman dan lancar. [ald]